Selasa, 05 Februari 2013

DNA Mampu Menyimpan 2,2 Juta Gigabit Data Per Gram

Tahukah Anda, satu gram DNA dapat menyimpan file hingga mencapai 2,2 juta gigabit data informasi atau berkisar 468 ribu DVD, yang mampu bertahan hingga lebih dari enam ratus tahun tanpa penulisan ulang.
Sebuah teknologi baru yang mungkin akan menggantikan teknologi penyimpanan Harddisk masa kini. Selama ini teknologi penyimpanan seperti flash disk yang kita gunakan sehari-hari, memiliki bobot lebih dari satu gram. Sementara satu gram DNA manusia yang ada pada tubuh, bisa menyimpan data jutaan kali lipat, mengesankan bukan?

DNA, Teknologi Penyimpanan Data Masa Depan

Seperti yang saya temukan pada situs Wired-science, banyak ilmuwan biologi molekul sedang membicarakan tentang teknologi penyimpanan DNA. Dan memang teknologi ini masih asing bagi kita, tapi sebenarnya tidak jika kita mengerti bagaimana kapasitas penyimpanan pada tubuh manusia. Bayangkan saja, sejak kita dilahirkan terus merekam dan mempelajari segala hal. Dimana semua itu tersimpan? Puluhan tahun kita hidup didunia tetap terus merekam, dan itu membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar, jauh lebih besar dari teknologi yang ada saat ini.


dna, dna manusia                                      DNA / Credit: forbes.com

Para peneliti dari Inggris telah mengkodekan DNA dan menerjemahkan materi genetik untuk merekonstruksi informasi tertulis, baik berupa suara maupun visual. Pada tahun lalu, peneliti bioengineers Sriram Kosuri dan George Church dari Harvard Medical School menyatakan bahwa mereka telah menyimpan salinan salah satu kitab Gereja yang tersimpan di DNA, dengan kepadatan sekitar 700 terabit per gram, lebih dari enam kali lipat lebih padat daripada penyimpanan data pada hard disk komputer.
Saat ini penelitian yang dipimpin para ahli biologi molekuler, diantaranya Nick Goldman dan Ewan Birney dari European Bioinformatics Institute (EBI) berpusat di Hinxton-Inggris, penelitian mereka dirilis pada jurnal Nature, menyatakan bahwa mereka telah meningkatkan skema pengkodean DNA untuk meningkatkan kepadatan penyimpanan hingga 2,2 petabyte per gram, tiga kali lipat dari temuan sebelumnya.
Tim pertama pertama kali menerjemahkan kata-kata tertulis atau data lain ke dalam kode biner standar (0s dan 1s) dan kemudian mengkonversikannya kedalam kode trinary. Langkah berikutnya menulis ulang data string menjadi kimia DNA, seperti Gs, Cs, dan Ts. Kepadatan penyimpanan satu gram DNA mencapai 2,2 juta gigabit data informasi, atau berkisar 468 ribu DVD. Para peneliti juga menambahkan skema pengkoreksian kesalahan, beberapa kali melakukan pengkodean informasi, untuk memastikan bahwa hal itu bisa dibaca kembali dengan tingkat akurasi 100 persen.
Penjelasan diatas sama seperti yang dilakukan pada tubuh kita, setiap detik terus menulis tanpa henti, dan bisa terbaca kembali. Selain menunjukkan kemampuan penyimpanan informasi pada DNA, Goldman, Birney, dan rekannya juga meninjau kapan teknologi ini layak digunakan. Sementara Large Hadron Collider, telah menghasilkan 15 petabyte data setiap tahun, jadi kebutuhan untuk penyimpanan arsip besar saat ini berkembang pesat. Saat ini lembaga usaha dan institusi arsip data menyimpan data mereka pada pita magnetik, dan untuk menjaga data yang aman selama beberapa dekade memerlukan penulisan ulang secara berkala (pastinya ada penambahan biaya perawatan).
Sementara DNA bisa sangat stabil hingga ribuan tahun jika disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Biaya sintesis DNA sesuai dengan menulis kode dan membaca kode bisa terselesaikan dengan cepat, data sangat memungkinkan untuk diarsipkan dalam waktu 600 tahun atau lebih.
Tetapi biaya sintesis DNA menjadi bagian paling mahal hingga 100 kali lipat, dan mungkin akan mengalami penurunan sekitar 50 tahun. Biaya bukan menjadi penghalang, ketika data dituliskan kedalam DNA maka pengguna tidak dapat mengubah atau menulis ulang, tidak seperti teknologi penyimpanan data yang ada saat ini. Dan pengguna tidak bisa mengakses setiap bagian informasi tertentu, melainkan harus mengikuti urutan penulisan yang telah diarsipkan dalam DNA. Sebagai contoh penulisan data 1,2,3,4 dan 5, pengguna harus membaca urutan dan tidak bisa melompati salah satunya.
Dari penelitian ini sudah jelas, bahwa saya pun tak pernah percaya dengan istilah lupa ingatan, amnesia, atau sejenisnya yang mengakibatkan sulit mengingat. Karena data yang kita simpan dalam DNA manusia tidak bisa dihapus, manusia hanya perlu menemukan ruang penyimpanan, dimana record itu tersimpan, tetap masih ada dalam diri kita. Itu sebabnya ada orang yang mampu membaca pikiran hanya dengan menyentuh kulit, sebenarnya dia cuma membaca record yang pernah kita simpan sejak lahir.

Sumber :  http://cutpen.com

Sabtu, 26 Januari 2013

Sistem Islam Atasi Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas rupanya masih menjadi persoalan paling rumit khususnya bagi remaja.  Setidaknya mungkin itulah bentuk keprihatinan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi pada peringatan Hari Anak Nasional beberapa hari lalu.  Saking prihatiannya, menteri yang baru diangkat tersebut pun kembali melontarkan pernyataan nyeleneh, yaitu pacaran ‘sehat’.  Menurut beliau, dalam berpacaran harus saling menjaga, tidak melakukan hal-hal yang berisiko.  Masa remaja adalah masa yang tepat untuk membekali informasi, penguatan mental, dan iman dari keluarga, sekolah dan lingkungan sekitar, sebelum mereka mulai aktif secara seksual (antaranews.com, 13/07/2012).  Sebelumnya beliau juga telah menyampaikan sebuah kebijakan kontroversi, yaitu kondomisasi yang ditentang keras oleh hampir seluruh komponen umat Islam.
Berkaitan dengan penanggulangan masalah pergaulan bebas ini, beberapa waktu lalu, LPOI (Lembaga Persahabatan Ormas Islam) juga mengusulkan solusi berupa dilakukannya program-program pencegahan dalam bentuk pendidikan, pencerahan dan pembinaan akhlak/budi pekerti. Menurut lembaga ini, cara terbaik pemberantasan HIV/AIDS adalah melalui penanaman nilai-nilai agama, keimanan dan ketaqwaan di kalangan masyarakat khususnya remaja. (kompas.com, 28/6/2012).
Yang menjadi persoalan, benarkah pacaran ‘sehat’ mampu menanggulangi pergaulan bebas remaja?  Di samping itu, ketika penanaman nilai-nilai agama di kalangan remaja digalakkan, sejauh mana efektifitasnya untuk mencegah mereka dari pergaulan bebas?  Dan bagaimana sebenarnya mengatur perilaku remaja agar terhindar dari penyakit sosial yang akan menyengsarakan kehidupan mereka dan masyarakat tersebut?  Tulisan berikut menggambarkan hal-hal yang seharusnya dilakukan umat Islam dalam menyelesaikan problem pergaulan bebas di kalangan remaja sehingga apa yang dikhawatirkan dari generasi masa kini dapat diatasi.
Kerusakan Akibat Gaul Bebas
Tidak bisa dipungkiri, tingginya angka penderita HIV/AIDS dan kehamilan tak dikehendaki di kalangan remaja sejatinya diakibatkan oleh maraknya pergaulan bebas.  Menurut Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN), bila tahun-tahun sebelumnya penyebab utama HIV/AIDS adalah narkoba suntik, sekarang ini telah bergeser ke perilaku seks bebas dengan proporsi sekitar 55 persen.  Padahal, diketahui bahwa pelaku seks bebas sebagiannya adalah remaja (muda-mudi).  Survey yang pernah dilakukan menyebutkan separuh gadis di Jabodetabek tak perawan lagi.  Sedangkan di Surabaya, remaja perempuan lajang yang kegadisannya sudah hilang mencapai 54 persen, di Medan 52 persen, Bandung 47 persen, dan Yogyakarta 37 persen (BKKN. go. id , 2010).
Kondisi tersebut tentu sangat memprihatinkan.  Namun, haruslah dipahami bahwa bencana yang menimpa remaja di negeri ini bukanlah tanpa sebab manusia.  Sebab Allah SWT berfirman dalam Surat Ar Ruum yang artinya:
“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”. (TQS. Ar Ruum [30]
Berdasarkan petunjuk ayat di atas, pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja tentu akan menimbulkan kerusakan bagi masyarakat -karena melanggar aturan Allah SWT.  Dan kini, terbuktilah hal tersebut dari tingginya angka HIV/AIDS dan angka kematian ibu dan janin akibat aborsi dan penyakit menular tersebut.  Dengan demikian, nyatalah apa yang seharusnya menjadi fokus bagi penyelesaian persoalan ini, yaitu mencegah pergaulan (seks) bebas di kalangan muda-mudi.
Atas dasar itu pula maka tawaran solusi apapun yang tidak mengarah pada upaya mencegah pergaulan bebas pantas untuk ditolak.  Sebaliknya, yang harus dilakukan adalah upaya mencegah pergaulan bebas secara mendasar dan komprehensif sehingga bisa berdampak secara luas dan langgeng.
Dalam sistem kehidupan sekuler liberal saat ini, kebebasan berperilaku begitu diagung-agungkan.  Negara pun kehilangan nyali mengatur warga negaranya karena momok demokrasi yang mengharuskan untuk mengakomodir semua kepentingan dan kelompok, termasuk kelompok para kapitalis dan liberalis.  Akibatnya, benar dan salah menjadi kabur, halal-haram tak dapat jelas dibedakan.  Sistem seperti ini pun telah menyeret ‘orang baik’ untuk berbuat maksiyat dan pelaku maksiyat semakin kuat.
Di sisi lain, tindakan gaul bebas sebenarnya tak bisa dilepaskan dari banyaknya rangsangan seksual.  Sebab, sebagai manifestasi dari naluri manusia, kecenderungan kepada lawan jenis pada umumnya muncul apabila ada rangsangan.  Sebaliknya, bila tidak ada rangsangan maka dorongan seksual kepada lawan jenis tidak muncul.  Banyaknya sarana yang merangsang munculnya naluri seksual memang tak bisa dilepaskan dari sistem sekuler liberal yang saat ini diterapkan.  Dengan paradigma ini, maka yang perlu dilakukan tentu bukan saja membentengi individu dengan pemahaman yang benar melalui penanaman nilai-nilai agama saja.  Namun, diperlukan pula upaya lain untuk mencegah munculnya rangsangan bagi kecenderungan kepada lawan jenis.
Mengatasi Gaul Bebas
Penanaman nilai-nilai Islam tentu menjadi syarat utama untuk menumbuhkan sikap imun (kebal) terhadap semua bentuk serangan kemaksiyatan.  Dengan pembinaan akidah dan hukum-hukum Islam, diharapkan para remaja mampu mengatur perilakunya sehingga tidak terjerus pada pergaulan bebas.
Meski demikian, dalam pembinaan kepada remaja khususnya, haruslah diwaspadai bentuk-bentuk promosi yang tidak mengacu pada pendekatan ideologi Islam.  Sebagaimana diketahui, pemerintah telah mencanangkan program pendidikan KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) yang konon juga berfungsi memberi pembinaan kepada remaja agar mampu melindungi organ reproduksinya dan bertanggung jawab atas perilaku seksualnya.  Namun, bagaimana hasilnya?  Banyak kalangan menyangsikan efektifitas program ini.  Itu karena pembinaan yang dilakukan masih berpijak pada ideologi sekuler -sang biang masalah masyarakat.  Akibatnya, banyak disalah gunakan.  Jadi, tidak sembarang pembinaan mampu mengarahkan perilaku remaja.  Hanya pembinaan yang berbasis akidah Islam saja yang diyakini memberi kontribusi positif bagi pembentukan kepribadian remaja.
Di sisi lain, ada pula persoalan penting lainnya dari sekedar pembinaan agama, yaitu tindakan meminimalisir semua bentuk rangsangan.  Sebab, betapa banyak muda mudi yang sebenarnya mengetahui bahaya bahkan dosa di hadapan Allah SWT akibat gaul bebas, namun ternyata mereka terjerumus juga.  Itu terjadi karena derasnya arus rangsangan di lingkungan sekitarnya sehingga mereka tidak kuasa menolak dan menahan gejolak jiwa yang mulai terpengaruh.  Oleh karena itu, persoalan mencegah munculnya rangsangan harus menjadi perhatian semua pihak.
Yang jamak terjadi, rangsangan seksual biasanya berupa tindakan pornografi dan pornoaksi yang bertebaran di masyarakat.  Di antara bentuk pornografi seperti tayangan televisi yang menyuguhkan pergaulan bebas muda mudi, bertaburnya sinetron yang kelihatannya Islami, namun berselubung propaganda pacaran, dan lain-lain.  Demikian pula dengan menjamurnya media bacaan porno baik cetak maupun melalui internet.  Sayangnya, kebijakan pemerintah untuk memblokir berbagai situs porno belum sepenuhnya berhasil mengendalikan  tayangan porno di media online bahkan cetak.
Sedangkan tindakan pornoaksi seperti panggung hiburan bertabur goyang erotis dan campur baur antara laki-laki dan perempuan tentu dapat merangsang naluri seksual.  Tak ketinggalan, sekolah yang menjadi benteng pembinaan remaja secara masal pun tak luput dari berbagai hal yang memunculkan rangsangan.  Tak banyak yang memasalahkan pornoaksi di sekolah, padahal tidak sedikit contohnya.  Diantaranya, budaya sekolah yang cenderung membiarkan tindakan pacaran – kalaupun ada sanksi hanya untuk yang sudah hamil (di luar nikah).  Demikian pula dengan budaya campur baur dan membiarkan siswi perempuan bertabarruj dan mengenakan pakaian tidak syar’i.
Secara umum, mencegah munculnya rangsangan seksual memerlukan upaya dari individu, kontrol masyarakat dan peran negara.  Tiap individu terutama remaja dan kaum muda harus memelihara diri dengan ketakwaan yang mendalam kepada Rabb-nya.  Tatkala seorang muslim telah memiliki sifat takwa, pasti ia akan takut terhadap azab Allah SWT, akan mendambakan surga-Nya, sekaligus sangat ingin meraih keridhaan-Nya. Ketakwaannya itu akan memalingkannya dari perbuatan yang mungkar dan menghalanginya dari kemaksiatan kepada Allah SWT.  Hal itu karena ia akan selalu merasa diawasi oleh Allah SWT (QS. Al-Hujurat [49]: 18).
Dengan landasan takwa ini mereka juga akan memiliki keterikatan yang kuat terhadap syariat Islam sehingga mampu menolak rusaknya tata pergaulan di masyarakat.  Ia akan takut melakukan maksiyat terlebih zina yang merupakan dosa besar (QS. Al Isra [17] : 32).  Dengan kesadaran ini sesungguhnya secara tidak langsung ia telah mengurangi media rangsangan itu sendiri.
Orang tua (keluarga) juga mampu berperan penting menumbuhkan kesadaran individu remaja.  Mereka mampu memberikan bimbingan agama, perhatian dan kasih sayang yang cukup, teladan yang menggugah, dan kontrol yang efektif.
Dorongan dari individu akan lebih efektif lagi bila terwujud dalam bentuk kesadaran untuk beramar makruf nahi munkar terhadap segala bentuk kemunkaran yang ada.  Mereka bukan saja membentengi diri bahkan juga pro aktif melakukan perubahan terhadap lingkungan sekitarnya.
Kontrol masyarakat sangat diperlukan disamping untuk menguatkan apa yang telah dilakukan oleh individu juga mencegah menjamurnya berbagai rangsangan di lingkungan masyarakat.  Jika masyarakat mampu beramar makruf nahi munkar, tidak memberikan fasilitas dan menjauhi sikap permisif terhadap semua bentuk kemunkaran, pornoaksi dan pornografi, niscaya rangsangan dapat diminimalisir.
Sebuah ironi terjadi di masyarakat; ditengah rusaknya pergaulan muda mudi, justru sebagian masyarakat menghendaki dan menikmati tayangan porno baik di media televisi maupun panggung-panggung hiburan.  Bagaimana mungkin individu yang telah berupaya membentengi diri di rumah dan sekolah dengan penguatan akidah dan pemahaman hukum syariat tidak terpengaruh, sementara peluang untuk melanggar itu semua ada di hadapan mereka?  Demikian pula dengan kebiasaan menikahkan pasangan yang telah hamil sembari tidak memberikan sanksi moral, tentu telah menambah terangnya lampu hijau bagi pergaulan bebas.
Peran negara lebih signifikan lagi dalam membentuk sistem dan tata aturan dalam masyarakat untuk mengendalikan rangsangan ini.  Masalahnya, hingga saat ini negeri yang berpenduduk mayoritas muslim ini malu-malu (kalu bukan ragu) untuk menerapkan hukum Islam secara sempurna.  Penguasa khawatir dianggap ekstrim dan memihak kelompok Islam jika menerapkan ketentuan wajib menutup aurat, melarang khalwat dengan memberikan sanksi tertentu, melarang panggung-panggung hiburan dengan alasan melanggar syariat.  Padahal, keengganan inilah yang berakibat pada merebaknya rangsangan seksual di tengah masyarakat.
Negara seharusnya bertanggung jawab menerapkan sistem yang mempu menangkal semua bentuk serangan yang bisa memunculkan rangsangan seksual.  Dalam Islam negara berkewajiban mengawal penerapkan hukum-hukum pergaulan yang disyariatkan Allah SWT.  Hukum-hukum tersebut diantaranya :
  • Perintah baik kepada laki-laki maupun perempuan agar menundukkan pandangannya serta memelihara kemaluannya (QS an-Nûr [24]: 30-31). Jika timbul rasa ketertarikan pada lawan jenis sementara yang bersangkutan belum mampu untuk melakukan pernikahan maka dianjurkan untuk menahannya dengan puasa. Sementara bagi yang telah mampu untuk menikah sangat dianjurkan untuk menikah.
  • Perintah agar memisahkan kehidupan laki-laki dan perempuan serta mencegah ikhtilat (campur baur).
  • Islam mendorong untuk segera menikah. Dengan demikian, pembatasan hubungan seksual antara laki-laki dan perempuan hanya terjadi dalam perkawinan yang dimulai pada usia yang relatif muda saat gharizah an-nau’ (naluri melestarikan jenis) mulai bergejolak. Adapun bagi yang belum mampu menikah, maka agar mereka memiliki sifat ‘iffah (senantiasa menjaga kehormatan) dan mampu mengendalikan diri (nafsu).
  • Perintah untuk mengenakan pakaian yang bisa menjaga kehormatan bagi laki-laki dan perempuan ketika mereka berada di kehidupan umum. Perempuan diwajibkan meggunakan jilbab (baju kurung terusan dari atas hingga menutup kakinya) dan kerudung. Laki-laki pun harus menutup aurat sebagaimana batasan yang telah ditetapkan syariah.
  • Islam juga telah menetapkan kehidupan khusus (rumah dan semisalnya) hanya terbatas bagi perempuan dan para mahramnya saja. Dengan demikian, Islam telah meminimalisisr berbagai tindak asusila di tempat-tempat pribadi yang kini banyak dilakukan muda-mudi.
  • Larangan khalwat (berdua-duaan), zina dan memberikan sanksi sesuai hukum syariah.
  • Larangan bagi kaum perempuan untuk ber-tabarruj (QS an-Nûr [24]: 60)
  • Larangan bagi seorang perempuan untuk bepergian jauh kecuali dengan mahrom. “Tidak halal seorang wanita yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir melakukan perjalanan selama sehari semalam, kecuali jika disertai mahram-nya.” (HR Muslim).
  • Larangan bagi laki-laki dan perempuan untuk saling berpegangan tangan atau berciuman karena bisa membangkitkan naluri seksual dan mendekati zina (QS. Al Isra [17] : 32)
  • Islam membatasi interaksi antar lawan jenis sebatas hubungan yang sifatnya umum, seperti muamalat atau tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa, bukan aktivitas saling mengunjungi antara laki-laki dan perempuan atau aktivitas lain yang bisa memunculkan rangsangan seksual (seperti curhat antar lawan jenis).
  • Islam juga telah memerintahkan kepada kaum kaum laki-laki dan perempuan agar menjauhi tempat-tempat syubhat (meragukan) dan agar bersikap hati-hati sehingga tidak tergelincir ke dalam perbuatan maksiat kepada Allah.
  • Islam memerintahkan negara untuk memberi sanksi kepada semua pelaku yang terbukti merusak tatanan pergaulan baik dengan tindakan maupun dengan memunculkan berbagai media dan sarana kepornoan.
Dari paparan di atas, nampaklah bahwa Islam tidak mentolelir bentuk hubungan khusus antara laki-laki dan perempuan (yang biasa disebut pacaran), meskipun dilakukan secara ‘sehat’ (tidak berorientasi pada hubungan seksual).  Sebab, hubungan khusus antara laki-laki dan perempuan hanya terjadi dalam pernikahan.  Adapun pada masa pra nikah, maka laki-laki dan perempuan diwajibkan tetap terikat dengan hukum syariat.  Mereka tetap tidak boleh berpacaran (berduaan, berpegangan tangan, dsb).
Dengan demikian, solusi bagi pencegahan pergaulan bebas adalah dengan menerapkan hukum-hukum pergaulan Islam dan menjaganya dengan penerapan sistem Islam oleh Khalifah (kepala negara).  Tentu saja, bukan dengan pacaran ‘sehat’ apalagi kondomisasi!
Keterlibatan individu, masyarakat dan negara mutlak diperlukan dalam penerapan syariah Islam tersebut.  Semua itu bukan saja dapat mencegah dari munculnya rangsangan seksual namum juga menyelesaikan bentuk rangsangan -apabila muncul- dengan solusi yang shahih.  Demikianlah penjagaan Islam terhadap remaja dari pergaulan bebas.
Solusi konservatif (baik melalui pacaran sehat maupun kondomisasi) tentu tak perlu terjadi.  Negara bukan saja akan menghemat angaran yang dikeluarkan hanya untuk pengadaan kondom.  Namun lebih dari itu, keluhuran masyarakat akan terwujud  melalui generasi yang dilahirkannya; terbebas dari penyakit menular seksual dan berkurangnya angka kematian ibu dan janin.  Demikian juga akan terlahir generasi yang memiliki masa depan yang berorientasi membangun peradaban karena mereka tidak lagi disibukkan oleh pacaran atau interaksi dengan lawan jenis yang diharamkan syariah.
Kini, saatnya kita kembalikan remaja dan sistem kehidupan di negeri ini kepada syariah Islam secara kaffah.  Tentu saja, semua itu tak bisa terwujud melainkan bila khilafah Islam telah nyata kembali kita hadirkan.  Semoga Allah SWT memudahkan langkah-langkah kita.  Aamiin ya Robbal ‘alamiin.

Sumber : http://hizbut-tahrir.or.id

Jumat, 11 Januari 2013

Kata-kata Motivasi

''Jika kamu percaya mampu meraih impianmu, maka teruslah berusaha. Jangan pernah hitung seberapa kali kamu gagal, tapi pikirkanlah seberapa mampu kamu untuk bangkit dari kegagalan. Karena, kegagalan itu akan memberimu kebahagiaan tak ternilai.''

All thаt glitters is not gold
Yаng berkilаuаn bukаn berаrti selаlu emаs

A thing you don't wаnt is deаr аny price
Bаrаng yаng tidаk membuаtmu tertаrik selаlu terаsа mаhаl

A good neighbour is worth more thаn а fаr friend
Tetаnggа yаng bаik lebih berhаrgа dаripаdа temаn yаng jаuh

A good book is greаt friend
Buku yаng bermаnfааt merupаkаn temаn yаng berаrti

Kata Motivasi Hidup Bahasa Inggris
A new broom sweeps cleаn
Sаpu yаng bаru pаsti аkаn mаmpu membersihkаn

The Swetst of аll is prаise
Bunyi yаng merdu diаntаrа segаlа bunyi iаlаh pujiаn


Eаrly to bed аnd eаrly rise mаke а mаn helthy, weаlthy аnd wise
Cepаt tidur, cepаt bаngun menjаdikаn orаng sehаt, mаkmur dаn bijаksаnа

if you cаn't sаy good words of а person, don't sаy bаd ones
jikа аndа tidаk dаpаt berkаtа bаik tentаng diri seseorаng, jаngаnlаh
yаng buruk аndа kаtаkаn

Those Who Are Able To Control Their Rаge Cаn Conquer Their Most Serious Enemy.
Siаpа Yаng Dаpаt Menаhаn Mаrаhnyа Mаmpu Mengаlаhkаn Musuhnyа Yаng Pаling Berbаhаyа.

Knowledge And Skills Are Tools, The Workmаn Is Chаrаcter.
Pengetаhuаn Dаn Keterаmpilаn Adаlаh Alаt, Yаng Menentukаn Sukses Adаlаh Tаbiаt.

A Heаlthy Mаn Hаs A Hundred Wishes, A Sick Mаn Hаs Only One.
Orаng Yаng Sehаt Mempunyаi Serаtus Keinginаn, Orаng Yаng Sаkit Hаnyа Punyа Sаtu Keinginаn

A Medicаl Doctor Mаkes One Heаlthy, The Nаture Creаtes The Heаlth. (Aristoteles)
Seorаng Dokter Menyembuhkаn, Dаn Alаm Yаng Menciptаkаn Kesehаtаn. (Aristoteles)

The Mаn Who Sаys He Never Hаs Time Is The Lаziest Mаn.(Lichtenberg)
Orаng Yаng Mengаtаkаn Tidаk Punyа Wаktu Adаlаh Orаng Yаng Pemаlаs.(Lichterberg)

Politeness Is The Oil Which Reduces The Friction Agаinst Eаch Other. (Demokritus).
Sopаn-Sаntu Adаlаh Ibаrаt Minyаk Yаng Mengurаngi Gesekаn Sаtu Dengаn Yаng Lаin. (Demokritus).

“Semuа orаng pаsti membutuhkаn sаhаbаt sejаti, nаmun tidаk semuа orаng berhаsil mendаpаtkаnnyа. Bаnyаk pulа orаng yаng telаh menikmаti indаhnyа persаhаbаtаn, nаmun аdа jugа yаng begitu hаncur kаrenа dikhiаnаti sаhаbаtnyа”

“Proses dаri temаn menjаdi sаhаbаt membutuhkаn usаhа pemelihаrааn dаri kesetiааn, tetаpi bukаn pаdа sааt kitа membutuhkаn bаntuаn bаrulаh kitа memiliki motivаsi mencаri perhаtiаn, pertolongаn dаn pernyаtаааn kаsih dаri orаng lаin, tetаpi justru iа berinisiаtif memberikаn dаn mewujudkаn аpа yаng dibutuhkаn oleh sаhаbаtnyа”

“Seorаng sаhаbаt tidаk аkаn menyembunyikаn kesаlаhаn untuk menghindаri perselisihаn, justru kаrenа kаsihnyа iа memberаnikаn diri menegur аpа аdаnyа”

“Sаhаbаt tidаk pernаh membungkus pukulаn dengаn ciumаn, tetаpi menyаtаkаn аpа yаng аmаt menyаkitkаn dengаn tujuаn sаhаbаtnyа mаu berubаh”

“Persаhаbаtаn diwаrnаi dengаn berbаgаi pengаlаmаn sukа dаn dukа, dihibur-disаkiti, diperhаtikаn-dikecewаkаn, didengаr-diаbаikаn, dibаntu-ditolаk, nаmun semuа ini tidаk pernаh sengаjа dilаkukаn dengаn tujuаn kebenciаn”

“Persаhаbаtаn tidаk terjаlin secаrа otomаtis tetаpi membutuhkаn proses yаng pаnjаng seperti besi menаjаmkаn besi, demikiаnlаh sаhаbаt menаjаmkаn sаhаbаtnyа”

“Apа yаng kitа аlаmi demi temаn kаdаng-kаdаng melelаhkаn dаn menjengkelkаn, tetаpi itulаh yаng membuаt persаhаbаtаn mempunyаi nilаi yаng indаh”

“Persаhаbаtаn sering menyuguhkаn beberаpа cobааn, tetаpi persаhаbаtаn sejаti bisа mengаtаsi cobааn itu bаhkаn bertumbuh bersаmа”

“Persаhаbаtаn tidаk terjаlin secаrа otomаtis tetаpi membutuhkаn proses yаng pаnjаng seperti besi menаjаmkаn besi, demikiаnlаh sаhаbаt menаjаmkаn sаhаbаtnyа”

“Persаhаbаtаn diwаrnаi dengаn berbаgаi pengаlаmаn sukа dаn dukа, dihibur-disаkiti, diperhаtikаn-dikecewаkаn, didengаr-diаbаikаn, dibаntu-ditolаk, nаmun semuа ini tidаk pernаh sengаjа dilаkukаn dengаn tujuаn kebenciаn”

“Seorаng sаhаbаt tidаk аkаn menyembunyikаn kesаlаhаn untuk menghindаri perselisihаn, justru kаrenа kаsihnyа iа memberаnikаn diri menegur аpа аdаnyа”

Love isn't а shop where everybody cаn enter to it for some shopping
Cintа itu bukаnlаh sebuаh toko dimаnа setiаp orаng dаpаt mаsuk untuk membelinyа

Love which begun with soul flаme, often would end with cold аnd frozen
Cintа yаng dimulаi dengаn аpi semаngаt yаng membаkаr, seringkаli berаkhir dingin
dаn beku.

Kata Motivasi Hidup Islami
* Seekor burung hаntu yаng bijаksаnа duduk di sebаtаng dаhаn. Semаkin bаnyаk iа melihаt, semаkin sedikit iа b'bicаrа.Semаkin sedikit iа bicаrа, semаkin bаnyаk iа mendengаr. Mengаpа qtа gа' seperti burung hаntu yg bijаksаnа itu? (Edwаrd Mersey Ricаrds)

* Jаdilаh diri kmu sendiri kаrenаgа' аdаyg bisа melаkukаnnyа lebih bаik dаri diri qtа sendiri. (frаnklin D.Roosevelt)

* Jаngаn t'lаlu mencemаskаn kepercаyааn diri kmu sendiri. Cemаskаnlаh kаrаkter kmu sendiri. ( Dr. Lаurа Schlessinnger)

* Bilа rаhаsiа sebuаh аtom dаri аtom - аtom t'sikаp, rаhаsiа segаlа bendа ciptааn, bаik lаhir mаupun bаtin аkаn t'sikаp, dаn kmu tаkkаn melihаt pаdа duniа ini аtаu duniа yg аkаn dаtаng sesuаtu kecuаli TUHAN. (Syаikh Ahmаd AI-Alаwi)

* Bilа kmu melrlukаn kаtа2 'ntuk menggаmbаrkаn pengetаhuаn n'pemаhаmаn, itu sprti burung di dlаm sаngkаr. Memiliki sаyаp tаpi gа' bisаterbаng. (Kаhlil Gibrаn)

* Bаrаng siаpа melewаtisаtu hаri tаnpа mengisinyаdengаn kebenаrаn, kewаjibаn, kemuliааn, pujiаn, kebаikаn, аtаu ilmu yg di petiknа' mаkа diа tlаh mendurhаkаi hаrinyа dаn mengаniаyа dirinyа. ( Syаir ARAB)

* Jikа hаri kemаrinkmu b;buаt kesаlаhаn, mаkа hаpuskаnlаh dgn p'buаtаn bаik dаn Kmupun menjаdi t'puji.

* Hаrtа аdаlаh аpа yg dimаkаn sаmpаi kenyаng, yg dipаkаi sаmpаi lаpuk dаn yg di sumbаngkаn kepаdаorаng lаin. Mаhluk yg pаling muliа di duniа ini аdаlаh mаnusiа, dаn bаgiаn tubuh mаnusiаyg pаling muliа аdаlаh hаti. (Imаm аl Ghаzаli)

* Jаngаnlаh kmu b'sedih hаti kecuаli kаrenа sesuаtu yg аkаn mencelаkаkаnmu esok di аkhirаt, dаn Jаngаnlаh kmu b'senаng hаti, kecаli kаrenа sesuаtu yg аkаn menyenаngkаnnyа di аlаm keаbаdiаn nаnti. (Abdullаh bin Khubаiq)

* Hаti mempunyаi аlаsаn2 yg gа'bisа dimengerti oleh аkаl. (Pаscаl)

* Hаti dаpаt menciptаkаn p'dаmаiаn n'ketentrаmаn diri,kаrenа hаti dаpаt me-lihаt kebenаrаn 70kаli lebih аkurаt dibаndingkаn dengаn inderа lаinnyа. (Jаlаludin Rumi)

* Kesetiааn merupаkаn sifаt yg pаling suci dаri hаti mаnusiа. (Senecа) Nikmаtilаh hidup kmu dengаn melаkukаn hаl - hаl kecil, kаrenа suаtu sааt nаnti jikа menoleh ke belаkаng, t'nyаtа hаl - hаl kecil itu tidаk kecil. ( Robert Brаult)

* Bаnyаk ilmu аkаn bаnyаk kаwаn, kаyа hаrtа аkаn bаnyаk musuh. (AN bin аbi Thаlib)

* Ilmu b'tаmbаh dengаn bаnyаk menye-dekаhkаnnyа, dаn b'kurаng jikа аndа menаhаnnyа. (Al llbаri)

* Kebаikаn imаn dengаn аmаlаn, kebаikаn hаti dengаn niаt, dаn kebаikаn niаt dengаn ikhlаs.

* Seni memori yg sebenаrnyа аdаlаh sen! p'hаtiаn. Benаr p'hаtiаn аkаn ingаt, dаn sаlаh p'hаtiаn аkаn lupа. (Sаmuel Johson)

* Ingаtаn gа' p'nаh sаlаh yg sаlаh аdаlаh cаrа qtа menggunаkаn ingаtаn Jikа kmu menghаdаpi duniа ini dengаn jiwа yg luаs, mаkа kmu melihаt b'bаgаi hаkekаt kegembirааn semаkin b'tаmbаh dаn luаs, sedаngkаn hаkekаt kedudukаn semаkin mengecil n'menyempit. (Ar - Rаfi'i)

* Tidаk аdаyg bisа membаntu ketenаngаn jiwа selаin dаri diri sendiri. (G.Chr.Lich-tenberg)

* Kebаhаgiааn dаn tidаk kebаhаgiааn mаnusiа t'gаntung pаdа diri sendiri. ( Abrаhаm lincoln)

* Bаrаng siаpа yg mencitа - citаkаn sаtu kebаikаn dаn tidаk jаdi melаksаnаkаnnyа, mаkа bаginyа dituliskаn (pаhаlа) kebаikаn. (H.R. Muslim)

* Seekor burung hаntu yаng bijаksаnа duduk di sebаtаng dаhаn. Semаkin bаnyаk iа melihаt, semаkin sedikit iа br'bicаrа. Semаkin sedikit iа bicаrа, semаkin bаnyаk iа mendengаr. Mengаpа qtа gа' seperti burung hаntu yg bijаksаnа itu? (Edwаrd Mersey Ricаrds)

* Jаdilаh diri kmu sendiri kаrenаgа' аdаyg bisа melаkukаnnyа lebih bаik dаri diri qtа sendiri. (frаnklin D.Roosevelt)

* Jаngаn t'lаlu mencemаskаn kepercаyааn diri kmu sendiri. Cemаskаnlаh kаrаkter kmu sendiri. ( Dr. Lаurа Schlessinnger)

* Bilа rаhаsiа sebuаh аtom dаri аtom - аtom t'sikаp, rаhаsiа segаlа bendа ciptааn, bаik lаhir mаupun bаtin аkаn t'sikаp, dаn kmu tаkkаn melihаt pаdа duniа ini аtаu duniа yg аkаn dаtаng sesuаtu kecuаli TUHAN. (Syаikh Ahmаd AI-Alаwi)

* Cintа tаk selаmаnyа menuntut Qtа untuk memililkinyа, аdаkаlаnyа cintа itu hnyа 'ntuk penyegаr dаhаgа sаjа.

* Jаngаn ucаpkаn cintа jikа kmu gа'ingin di lukаi oleh cintа.

* Bedаkаn nаfsu dgn cintа krn tаnpа Qtа sаdаri Qtаt'tipu oleh hаl itu.

* Qtаdi ciptаkаn TUHAN sаling b'pаsаngаn jаdi jgn risаu jikа kmu dikhiаnаti oleh cintа. Cintа tаk sekedаr ktа2 yg bisа lupа kpn sаjа.

* Cintа itu seperti Biologi n'Fisikа penuh teori n'logikа.

* Jаngаn mengаtаs nаmаkаn cintа jikа 7аnmu hаnyаlаh nаfsu n'nistа

* Qtа hnyа mаnusiа yg ingin di cintа n'mencintа.

* Tаk аdа I pun yg dаpаt memusnаhkаn cintа krn TUHAN menciptаkаn аlаm semestа krn cintа - NYA kpd Qtа.

Kata Motivasi Hidup Kesungguhan Cinta
* Kesungguhаn Cintа n'ketulusаn cintа gа'аkаn luntur hаnyа dgn keegoisаn semаtа.

* Yаng pаling besаr di bumi ini bukаn gunung n' lаutаn, melаinkаn hаwа nаfsu yаng jikа gаgаl di kendаlikаn mаkа kitа аkаn menjаdi pennghuni nerаkа. (Imаm Al Ghаzаli)

* Kitа tidаk аkаn sаnggup mengekаng аmаrаh dаn hаwа nаfsu secаrа keseluruhаn hinggа
gа'meninggаlkаn bekаs аpаpun dаlаm diri kitа. Nаmun jikа mencobа untuk me-ngendаlikаn
keduаnyаdengаn cаrа lаtihаn dаn kesungguhаn yаng kuаt, tentu kitа аkаn bisа. (Imаm аl Ghаzаli)

* Bаrаng siаpа berhаsil menundukаn hаwа nаfsunyа, mаkа diа аkаn b'bаhаgiа dаn memperoleh kemenаngаn. Sebаliknyа, bаrаngn siаpа yаngdi kаlаhkаn oleh hаwа nаfsunyа, mаkа diа menderitа kerugiаn dаn celаkа. ( Nаsihаt Orаng Arif dаn Bijаk)

* Qtа jаngаn p'nаh mengаtаkаn din Qtа yg t'hebаt, tаpi qtа bisа mengаtаkn bаhwа qtа hаrus lebih hebаt dаri orаng lаin. (Rаhkmаt Mogаr Poerbonegoro)

* Seberаpаjаuh p'jаlаnаn аndа dlаm hidup ini b'gаntung pd аpаkаh аndа b'sikаp kаsih kpd yg lebih tuа. b'simpаti kpd yg hаrus b'juаng Ibh kerаs. dаn b'tenggаng rаsа kpd yg lemаh dаn kuаt. Suаtu hаri dlm hidup ini. аndа аkаn menjаdi sаlаh sаtu di аntаrаnyа. (George Wаshington Cаrver)

* P'lаkukаnlаh setiаp orаng dgn kebаikаn hаti dаn rаsа hormаt.meski merekа b'lаku buruk pаdа kmu. ingаtlаh bаhwа kmu menunjukаn penghаrgааn pd orаng lаin bukаn krn siаpа merekа tp kаrenа siаpаkаh diri kmu. (Andrew T.Somers)

* Bilа аdа cаhаyа dаlаm jiwа. mаkа аkаn hаdir kecаntikаn dаlаm diri seseorаng. Bilа аdа kecаntikаn dаlаm diri seseorаng. аkаn hаdir kehаrmonisаn dаlаm rumаh tаnggа. Bilа аdа kehаrmonisаn dаlаm rumаh tаnggа, аkаn hаdir ketertibаn dаlаm negаrа. Dаn bilа аdа ketertibаn di dаlаm negаrа, аkn hаdir kedаmаiаn duniа. (Pepаtаh Cinа)

* Kebаhаgiааn аndа tumbuh b'kembаng mаnаkаlа аndа membаntu orаng lаin. Nаmun. bilаmаnа аndа tidаk mencobа membаntu sesаmа, kebаhаgiааn аkаn lаyu dаn mengering. Kebаhаgiааn itu bаgаikаn sebuаh tаnаmаn hаrus di sirаmi sikаp dаn tindаkаn memberi. (J. Donаld Wаlters)

* Hаl t'indаh dаlаm hidup Qtа аdаlаh misteri. Misteri аdаlаh sumbersemuаseni sejаti dаn semuа ilmu pengetаhuаn. (Albert Einsten)

* Di tаngаn mаnusiа t'letаk mаsа depаn bumi yg gа' t'hinggа, dаn qtа bisа lebih dаn аkаn senаntiаsа semаkin memаhаmi kenyаtааn ini аpаbilаqtа meningkаtkаnpengetаhuаn dаn cintа qtа. ( Sir Juliаn Huxley)

* Mаsа depаn hаrus di fikirkаn bаik2, tetаpi gа'boleh disertаi dengаn kekhаwаtirаn аkаn hаri esok. ( Dаle cаrnegie)

Kata Motivasi Hidup Terbaik
* Sаyа lebih sukа lаmunаn mаsа yg аkаn dаtаng dаri pаdа sejаrаh mаsа lаlu. (Thomаs Jefferson)

* Hаri ini. jаlаn ini pаsti semаkin b'liku. kаrenа mаsа depаn belum tentu menjаnjikаn surgа bаgi merekаyg lemаh dаn mudаh kecewа. (Mаhаtir Muhаmmаd)

* Hаdаpilаh problem hidup diri kmu dаn аkuilаh keberаdааnnyа, tetаpi jаngаn biаrkаn diri kmu di kuаsаinyа. Biаrkаnlаh diri kmu menyаdаri аdаnyа pendidikаn situаsi berupа kesаbаrаn, kebаhаgiааn, dаn pemаhаmаn mаknа. (Hellen Keller) Memecаhkаn mаsаlаh itu sult. mengenаl mаsаlаh lebih sulit. tetаpi menemukаn mаsаlаh jаuh lebih sulit (Albert Einstein)

* Jаngаn jаdi bаgiаn dаri mаsаlаh, tetаpi jаdilаh bаgiаn dаri pemecаhаn mаsаlаh.

Aku ingin merаih kembаli cintаmu menjаdi kenyаtааn. Sааt diriku dаlаm siksааn cintа, dirimu melenggаng pergi tаnpа pernаh memikirkаnku.

Buаt аpа berlаri dаlаm kelаm? Sedаng kаbut pun tаk mаu menyibаk. Biаrlаh semuаnyа berlаlu, mimpi pun аku tаk inginkаn. Meskipun rindu ini terciptа untukmu.

Sааt bertemu, аku tаk peduli. Sааt kаu pergi, аku selаlu menаntimu. Apаkаh ini nаmаnyа cintа?

Kаu dаtаng disааt keegoisаn аkаn cintа tengаh menderа. Membаwа cаhаyа dаn kedаmаiаn, membuаtku tidаk mudаh menyerаh untuk merengkuh kisаh cintа bersаmаmu.

Dаlаm hаti аku menаnti, kuserаhkаn hаti sebаgаi tаndа ketulusаn cintа.

Meski аdаkаh cintа yаng tulus setelаh sekiаn lаmа lelаh mencаri. Kаpаnkаh perjаlаnаn ini kаn berаkhir?

Penderitааnku аdаlаh bаyаngаn gelаp bаgi dirimu, sааt kesetiааn menjаdi аlаsаn untuk mencаmpаkаnku! Aku tаkkаn lаri dаri cintаmu yаng selаlu memаsungku.

Sesuаtu yаng terbesаr dаlаm hidup iаlаh mengаmpuni orаng yаng menyаkiti kitа dаn tetаp mengаsihinyа.

Jаngаn pernаh berkаtа selаmаt tinggаl jikа mаsih ingin mencobа. Jаngаn pernаh menyerаh selаmа merаsа mаsih dаpаt mаju. Jаngаn pernаh berkаtа yа bilа tidаk menyukаinyа.

Untuk аpа bicаrа cintа, jikа hаtimu tаk terbukа. Untuk аpа bicаrа cintа, jikа mаtаmu tаk bercаhаyа. Untuk аpа bicаrа cintа, jikа hаnyа membuаtmu menderitа. Bаgiku, dirimu аdаlаh sаng cintа

Apаkаh аrti cintа jikа tidаk sаling mengerti sаtu sаmа lаin. Jikа keegoisаn yаng muncul, itu bukаnlаh cintа.


Dimana hatimu bersedih, disitulah kamu dapat belajar bagaimana menjadi pribadi yang lebih tegar dan tak mudah lemah.


Jumat, 28 Desember 2012

Saat Tepat Mengukur Arah Kiblat

Apakah arah kiblat masjid bisa berubah atau bergeser akibat gempa bumi maupun bergeraknya lempeng Bumi seperti isu yang tengah berkembang? Jawabannya tentu TIDAK! Artinya pengukuran sebelumnya memang yang membuat arah kiblat masjid tersebut tidak tepat.

Apakah arah kiblat cukup ke BARAT? Sebagaimana pernah difatwakan oleh MUI beberapa waktu yang lalu? Jawabannya tentu TIDAK! Sebab di zaman sekarang menentukan arah kiblat semudah membalik telapak tangan dan bukan pekerjaan yang sulit. Bahkan MUI sendiri juga telah meralat Fatwanya tersebut (baca: https://www.facebook.com/note.php?note_id=10150227797140164)

"Dan dari mana saja engkau keluar (untuk shalat), maka hadapkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram (Ka'bah), dan sesungguhnya perintah berkiblat ke Ka'bah itu adalah benar dari Tuhanmu. Dan (ingatlah), Allah tidak sekali-kali lalai akan segala apa yang kamu lakukan." (QS. Al-Baqarah : 149)


“Baitullah ( Ka'bah ) adalah kiblat bagi orang-orang di dalam Masjid Al-Haram dan Masjid Al-Haram adalah kiblat bagi orang-orang yang tinggal di Tanah Haram (Makkah) dan Makkah adalah qiblat bagi seluruh penduduk bumi Timur dan Barat dari umatku” (HR. Al-Baihaqi)

“Jika kamu mendirikan shalat, maka sempurnakanlah wudhu, kemudian menghadap kiblat, lalu takbir, kemudian bacalah apa yang kamu hafal dari qur’an, lalu ruku’ sampai sempurna, kemudian i’tidal sampai sempurna, kemudian sujud sampai sempurna, kemudian duduk di antara dua sujud sampai sempurna, kemudian sujud sampai sempurna, lakukanlah yang demikian itu setiap rekaat.” (HR. Abu Hurairah)
 

Dalam ajaran Islam, mengadap ke arah kiblat atau bangunan Ka'bah yang berada di Masjidil Haram adalah merupakan tuntutan syariah dalam melaksanakan ibadah tertentu. Berkiblat wajib dilakukan ketika hendak mengerjakan shalat dan menguburkan jenazah Muslim. Menghadap kiblat juga merupakan ibadah sunah ketika tengah azan, berdoa, berzikir, membaca Al-Quran, menyembelih binatang dan sebagainya.

Berdasarkan kebiasaan yang berkembang di masyarakat, terdapat beberapa kaidah yang sering digunakan untuk mengetahui ketepatan arah kiblat. Diantaranya adalah menggunakan kompas kiblat, kompas sajadah atau peralatan canggih seperti pesawat GPS dan theodoliti. Kini, melalui teknologi penginderaan jarah jauh yang disediakan cuma-cuma oleh Google via internet menggunakan software Google Earth atau secara online disediakan oleh situs-situs seperti Qibla Locator atau RHI Qibla Locator yang memanfaatkan fasilitas Google Map Api (GMA) kita dengan mudah dapat mengetahui arah kiblat sebuah bangunan masjid secara visual dan jelas. Namun demikian penggunaan kaidah-kaidah tersebut sering terkendala beberapa masalah. Kompas belumlah dikatakan sebagai alat ukur yang presisi. Sebab dalam penggunaannya, kompas sering mengalami kesalahan. Kesalahan tersebut berupa penyimpangan jarum kompas baik oleh variasi magnetik secara global maupun atraksi magnetis secara lokal oleh logam di sekitarnya. Belum lagi skala kompas biasanya terlalu kasar. Sementara, penggunaan GPS dan theodolit untuk mengukur arah kiblat walaupun bisa mendapatkan hasil yang lebih presisi namun dalam prakteknya kedua peralatan tersebut tidak mudah didapatkan karena harganya yang cukup mahal. Walaupun Google Earth maupun fasilitas qibla locator secara online dapat membantu mengetahui arah kiblat secara visual dengan perhitungan yang sangat akurat, namun piranti tersebut bukan merupakan alat ukur yang presisi di lapangan dan hanya dapat dinikmati oleh kalangan tertentu.

Lantas apakah bisa mengukur arah kiblat secara presisi dengan biaya yang murah? Jawabannya adalah BISA! Yaitu dengan menggunakan fenomena astronomis yang terjadi pada hari yang disebut sebagai yaumul rashdul qiblat atau hari meluruskan arah kiblat yaitu hari saat saat Matahari tepat di atas Ka'bah. Fenomena yang terjadi 2 kali selama setahun ini dikenal juga dengan istilah Transit Utama atau Istiwa A'dhom.
Istiwa, dalam bahasa astronomi adalah transit yaitu fenomena saat posisi Matahari melintasi di meridian langit. Dalam penentuan waktu shalat, istiwa digunakan sebagai pertanda masuknya waktu shalat Zuhur. Setiap hari dalam wilayah Zona Tropis yaitu wilayah sekitar garis Katulistiwa antara 23,5˚ LU sampai 23,5˚ LS posisi Matahari saat istiwa selalu berubah, terkadang di Utara dan disaat lain di Selatan sepanjang garis Meridian. Hingga pada saat tertentu sebuah tempat akan mengalami peristiwa yang disebut Istiwa A'dhom yaitu saat Matahari berada tepat di atas kepala pengamat di lokasi tersebut.
Hal ini bisa difahami sebab akibat gerakan semu Matahari yang disebut sebagai gerak tahunan Matahari. Ini diakibat selama Bumi beredar mengelilingi Matahari sumbu Bumi miring 66,5˚ terhadap bidang edarnya sehingga selama setahun Matahari terlihat mengalami pergeseran antara 23,5˚ LU sampai 23,5˚ LS. Pada saat nilai azimuth Matahari sama dengan nilai azimuth lintang geografis sebuah tempat maka di tempat tersebut terjadi Istiwa A'dhom yaitu melintasnya Matahari melewati zenit lokasi setempat.
Demikian halnya Ka'bah yang berada pada koordinat 21,4° LU dan 39,8° BT dalam setahun juga akan mengalami 2 kali peristiwa Istiwa A'dhom yaitu setiap tanggal 27/28 Mei sekitar pukul 12.18 waktu setempat dan 15/16 Juli sekitar pukul 12.27 waktu setempat. Jika waktu tersebut dikonversi maka di Indonesia peristiwanya terjadi pada 28 Mei pukul 16.18 WIB dan 16 Juli pukul 16.27 WIB. Dengan adanya peristiwa Matahari tepat di atas Ka'bah tersebut maka umat Islam yang berada jauh dan berbeda waktu tidak lebih dari 5 atau 6 jam dapat menentukan arah kiblat secara presisi menggunakan teknik bayangan Matahari.

27 MEI 2012 @ 16:18 WIB
15 JULI 2012 @ 16:27 WIB
MATAHARI TEPAT DI ATAS KA'BAH
POSISI MATAHARI = ARAH KIBLAT
BAYANGAN MATAHARI = ARAH KIBLAT

Teknik penentuan arah kiblat pada hari Rashdul Qiblat sebenarnya sudah dipakai lama sejak ilmu falak berkembang di Timur Tengah. Demikian halnya di Indonesia dan beberapa negara Islam yang lain juga sudah banyak yang menggunakan teknik ini. Sebab teknik ini memang tidak memerlukan perhitungan yang rumit dan siapapun dapat melakukannya. Yang diperlukan hanyalah sebatang tongkat lurus dengan panjang lebih kurang 1 meter dan diletakkan berdiri tegak di tempat yang datar dan mendapat sinar matahari. Pada tanggal dan jam saat terjadinya peristiwa Istiwa A'dhom tersebut maka arah bayangan tongkat menunjukkan kiblat yang benar.

Karena di negara kita peristiwanya terjadi pada sore hari maka arah bayangan adalah ke Timur, maka arah bayangan yang menuju ke tongkat adalah merupakan arah kiblat yang benar. Jika anda khawatir gagal karena Matahari terhalang oleh mendung maka toleransi pengukuran dapat dilakukan pada H-2 hingga H+2 atau tanggal 25, 26, 27, 28, 29 Mei 2012  atau 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19 Juli 2012 pada jam yang sama. Satu hal penting yang harus kita perhatikan adalah ketepatan JAM yang kita gunakan hendaknya sudah terkalibrasi dengan tepat. Untuk mengetahui standar waktu yang tepat bisa digunakan tanda waktu saat Berita di RRI, layanan telpon 103 atau menggunakan jam  atom yang disediakan oleh layanan internet.
Penentuan arah kiblat menggunakan fenomena ini hanya berlaku untuk tempat-tempat yang pada saat peristiwa Istiwa A'dhom dapat secara langsung melihat Matahari. Sementara untuk daerah lain di mana saat itu Matahari sudah terbenam seperti Wilayah Indonesia Timur (WIT) praktis teknik ini tidak dapat digunakan. Maka ada fenomena lain yang dapat digunakan oleh daerah-daerah tersebut sehingga dapat mengetahui arah kiblat secara presisi. Fenomena itu adalah saat Matahari berada tepat di bawah Ka'bah yaitu saat Istiwa A'dhom terjadi di titik Nadir (Antipode) Ka'bah yang terjadi pada setiap tanggal 13 Januari dan 27/28 November.

Teknik Penentuan Arah Kiblat menggunakan Istiwa A'dhom :
  1. Tentukan masjid/musholla/langgar/rumah/ tempat lain yang akan diluruskan arah kiblatnya.
  2. Siapkan tongkat lurus atau benang berbandul sepanjang 1-2 m serta arloji yang sudah dikalibrasi dengan TV, radio atau telpon “103".
  3. Cari lokasi yang datar di dalam/sekitar masjid/musholla/langgar/rumah/tempat lain yang masih mendapatkan penyinaran matahari antara jam 16.00 – 16.30 WIB.
  4. Pasang tongkat secara tegak lurus dengan bantuan pelurus berupa benang berbandul atau gantung bandul di lokasi tersebut beberapa menit sebelum peristiwa Istiwa A’dham terjadi.
  5. Tunggu sampai saat Istiwa A’dham terjadi yaitu Ahad, 27 Mei 2012 pukul 16:18 WIB atau Ahad, 15 Juli 2012 pukul 16:27 WIB. Amatilah bayangan tongkat saat itu dan berilah tanda dengan menggunakan spidol atau benang kasur yang dipakukan atau alat lain yang dapat membuat garis lurus. Garis itu adalah arah kiblat yang benar.
  6. Gunakan benang, sambungan pada tegel lantai, atau teknik lain yang dapat meluruskan arah kiblat ini ini ke dalam masjid. Intinya yang hendak kita ukur sebenarnya adalah garis shaff yang posisinya tegak lurus (90°) terhadap arah kiblat. Maka setelah garis arah kiblat kita dapatkan untuk membuat garis shaff dapat dilakukan dengan mengukur arah sikunya dengan bantuan benda-benda yang memiliki sudut siku misalnya lembaran triplek atau kertas karton tebal.
Sebaiknya bukan hanya masjid atau mushalla / langgar saja yang perlu diluruskan arah kiblatnya. Mungkin kiblat di rumah kita sendiri selama ini juga saat kita shalat belum tepat menghadap ke arah yang benar. Sehingga saat peristiwa tersebut ada baiknya kita juga bisa melakukan pelurusan arah kiblat di rumah masing-masing. Semoga cuaca cerah.
Bagi yang tidak mendapatkan sinar matahari di zenit ka'bah seperti WIT dan WITA bisa menggunakan posisi matahari saat di nadir ka'bah.
Semoga dengan lurusnya arah kiblat kita, ibadah shalat yang kita kerjakan menjadi lebih afdhal dan doanya lebih dikabulkan. Amin. Keterangan lengkap hubungi Rukyat Hilal Indonesia (RHI) telpon di 0274-552630 atau SMS: 08122743082.

CATATAN:
Untuk lebih akurat yg 27 Mei, hari sebelumnya dikurangi 3 menit per hari sesudahnya ditambah 3 menit per hari. Yang 15 Juli hari sebelumnya ditambah 3 menit per hari sesudahnya dikurangi 3 menit per hari. Masih cukup presisi. Kalaupun tidak dikoreksi jg masih ckp akurat krn hanya berbeda 0,2drjt setiap hari atau sekitar 10' (menit busur) sementara diameter sumber cahaya (matahari) jauh lebih besar yaitu sekitar 0,5drjt atau 30'.

Contoh :
25 Mei 2012 @  16:12 WIB +/- 2 menit
26 Mei 2012 @ 16:15 WIB +/- 2 menit
27 Mei 2012 @ 16:18 WIB +/- 2 menit
28 Mei 2012 @ 16:21 WIB +/- 2 menit
29 Mei 2012 @ 16:24 WIB +/- 2 menit
13 Juli 2012 @ 16:33 WIB +/- 2 menit
14Juli 2012 @ 16:30 WIB +/- 2 menit
15 Juli 2012 @ 16:27 WIB +/- 2 menit
16 Juli 2012 @ 16:23 WIB +/- 2 menit
17 Juli 2012 @ 16:21 WIB +/- 2 menit

Download Modul Arah Kiblat : Download

Link Terkait:
RHI Qibla Locator
RHI Arah Kiblat
Qibla Locator
 
Sumber : http://mutoha.blogspot.com

Alasan Rasulullah Sangat Sayang Terhadap Kucing


Dalam perkembangan peradaban Islam, kucing hadir sebagai teman sejati dalam setiap nafas dan gerak geliat perkembangan Islam.

Diceritakan dalam suatu kisah, Nabi Muhammad SAW memiliki seekor kucing yang diberi nama Mueeza. Suatu saat, dikala Nabi hendak mengambil jubahnya, di temuinya Mueeza sedang terlelap tidur dengan santai diatas jubahnya. Tak ingin mengganggu hewan kesayangannya itu, Nabi pun memotong belahan lengan yang ditiduri Mueeza dari jubahnya.

Ketika Nabi kembali ke rumah, Muezza terbangun dan merunduk sujud kepada majikannya. Sebagai balasan, Nabi menyatakan kasih sayangnya dengan mengelus lembut ke badan mungil kucing itu sebanyak 3 kali.

Dalam aktivitas lain, setiap kali Nabi menerima tamu di rumahnya, nabi selalu menggendong mueeza dan di taruh dipahanya. Salah satu sifat Mueeza yang Nabi sukai ialah ia selalu mengeong ketika mendengar adzan, dan seolah-olah suaranya terdengar seperti mengikuti lantunan suara adzan.

Kepada para sahabatnya, Nabi berpesan untuk menyayangi kucing peliharaan, layaknya menyanyangi keluarga sendiri.

Hukuman bagi mereka yang menyakiti hewan lucu ini sangatlah serius, dalam sebuah hadist shahih Al Bukhari, dikisahkan tentang seorang wanita yang tidak pernah memberi makan kucingnya, dan tidak pula melepas kucingnya untuk mencari makan sendiri, Nabi Muhammad SAW pun menjelaskan bahwa hukuman bagi wanita ini adalah siksa neraka.

Dari Ibnu Umar ra bahwa rasulullah saw bersabda,
”Seorang wanita dimasukkan kedalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada dilantai.” (HR. Bukhari)

Nabi menekankan di beberapa hadis bahwa kucing itu tidak najis. Bahkan diperbolehkan untuk berwudhu menggunakan air bekas minum kucing karena dianggap suci.
Kenapa Rasulullah Saw , berani mengatakan bahwa kucing suci, tidak najis? Lalu, bagaimana Nabi mengetahui kalau pada badan kucing tidak terdapat najis?

Keistimewaan dari Kucing

Fakta Ilmiah 1 :

Pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi untuk menolak telur bakteri. Otot kucing itu juga dapat menyesuaikan dengan sentuhan otot manusia.

Permukaan lidah kucing tertutupi oleh berbagai benjolan kecil yang runcing, benjolan ini bengkok mengerucut seperti kikir atau gergaji. Bentuk ini sangat berguna untuk membersihkan kulit. Ketika kucing minum,tidak ada setetes pun cairan yang jatuh dari lidahnya.

Sedangkan lidah kucing sendiri merupakan alat pembersih yang paling canggih, permukaannya yang kasar bisa membuang bulu-bulu mati dan membersihkan bulu-bulu yang tersisa di badannya.

Fakta Ilmiah 2 :

Telah dilakukan berbagai penelitian terhadap kucing dan berbagai perbedaan usia, perbedaan posisi kulit, punggung, bagian dalam telapak kaki, pelindung mulut, dan ekor.

Pada bagian-bagian tersebut dilakukan pengambilan sample dengan usapan. Di samping itu, dilakukan juga penanaman kuman pada bagian-bagian khusus. Terus diambil juga cairan khusus yang ada pada dinding dalam mulut dan lidahnya.

Hasil yang didapatkan adalah:

Hasil yang diambil dari kulit luar tenyata negatif berkuman, meskipun dilakukan berulang-ulang.

Perbandingan yang ditanamkan kuman memberikan hasil negatif sekitar 80% jika dilihat dari cairan yang diambil dari dinding mulut.
Cairan yang diambil dari permukaan lidah juga memberikan hasil negatif berkuman.

Sekalinya ada kuman yang ditemukan saat proses penelitian, kuman itu masuk kelompok kuman yang dianggap sebagai kuman biasa yang berkembang pada tubuh manusia dalam jumlah yang terbatas seperti, enterobacter, streptococcus, dan taphylococcus. Jumlahnya kurang dan 50 ribu pertumbuhan.
Tidak ditemukan kelompok kuman yang beragam.

Berbagai sumber yang dapat dipercaya dan hasil penelitian laboratorium menyimpulkan bahwa kucing tidak memiliki kuman dan mikroba. Liurnya bersih dan membersihkan.

Komentar Para Dokter Peneliti

Menurut Dr. George Maqshud, ketua laboratorium di Rumah Sakit Hewan Baitharah, jarang sekali ditemukan adanya kuman pada lidah kucing.

Jika kuman itu ada, maka kucing itu akan sakit.
Dr. Gen Gustafsirl menemukan bahwa kuman yang paling banyak terdapat pada anjing, manusia 1/4 anjing, kucing 1/2 manusia.
Dokter hewan di rumah sakit hewan Damaskus, Sa’id Rafah menegaskan bahwa kucing memiliki perangkat pembersih yang bemama lysozyme.

Kucing tidak suka air karena air merupakan tempat yang sangat subur untuk pertumbuhan bakteri, terlebih pada genangan air (lumpur, genangan hujan, dll)

Kucing juga sangat menjaga kestabilan kehangatan tubuhnya. Ia tidak banyak berjemur dan tidak dekat-dekat dengan air.
Tujuannya agar bakteri tidak berpindah kepadanya. Inilah yang menjadi faktor tidak adanya kuman pada tubuh kucing.

Fakta Ilmiah 3 :

Dan hasil penelitian kedokteran dan percobaan yang telah di lakukan di laboratorium hewan, ditemukan bahwa badan kucing bersih secara keseluruhan. Ia lebih bersih dari manusia.

Fakta Ilmiah Tambahan :

Zaman dahulu kucing dipakai untuk terapi. Dengkuran kucing yang 50Hz baik buat kesehatan selain itu mengelus kucing juga bisa menurunkan tingkat stress.

Sisa makanan kucing hukumnya suci

Hadist Kabsyah binti Ka’b bin Malik menceritakan bahwa Abu Qatadah, mertua Kabsyah, masuk ke rumahnya lalu ia menuangkan air untuk wudhu. Pada saat itu, datang seekor kucing yang ingin minum. Lantas ia menuangkan air di bejana sampai kucing itu minum.

Kabsyah berkata, “Perhatikanlah.” Abu Qatadah berkata, “Apakah kamu heran?” Ia menjawab, “Ya.” Lalu, Abu Qatadah berkata bahwa Nabi SAW prnh bersabda, “Kucing itu tidak najis. Ia binatang yang suka berkeliling di rumah (binatang rumahan),” (H.R At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).


Diriwayatkan dan Ali bin Al-Hasan, dan Anas yang menceritakan bahwa Nabi Saw pergi ke Bathhan suatu daerah di Madinah. Lalu, beliau berkata,

“Ya Anas, tuangkan air wudhu untukku ke dalam bejana.” Lalu, Anas menuangkan air. Ketika sudah selesai, Nabi menuju bejana. Namun, seekor kucing datang dan menjilati bejana. Melihat itu, Nabi berhenti sampai kucing tersebut berhenti minum lalu berwudhu.

Nabi ditanya mengenai kejadian tersebut, beliau menjawab, “Ya Anas, kucing termasuk perhiasan rumah tangga, ia tidak dikotori sesuatu, bahkan tidak ada najis.”

Diriwayatkan dari Dawud bin Shalih At-Tammar dan ibunya yang menerangkan bahwa budaknya memberikan Aisyah semangkuk bubur. Namun, ketika ia sampai di rumah Aisyah, tenyata Aisyah sedang shalat. Lalu, ia memberikan isyarat untuk menaruhnya. Sayangnya, setelah Aisyah menyelesaikan shalat, ia lupa ada bubur.

Datanglah seekor kucing, lalu memakan sedikit bubur tersebut. Ketika ia melihat bubur tersebut dimakan kucing, Aisyah lalu membersihkan bagian yang disentuh kucing, dan Aisyah memakannya.

Rasulullah Saw bersabda,

“Ia tidak najis. Ia binatang yang berkeliling.” Aisyah pernah melihat Rasulullah Saw berwudhu dari sisa jilatan kucing.” (H.R AlBaihaqi, Abd Al-Razzaq, dan Al-Daruquthni).

Hadis ini diriwayatkan Malik, Ahmad, dan imam hadits yang lain. Oleh karena itu, kucing adalah binatang, yang badan, keringat, bekas dari sisa makanannya adalah suci, Liurnya bersih dan membersihkan, serta hidupnya lebih bersih daripada manusia. Mungkin ini pula-lah mengapa Rasulullah SAW sangat sayang kepada Muezza, kucing kesayangannya.

Sumber :  pulsk.com

Minggu, 23 Desember 2012

Cara Membaca Rasi Bintang

Zaman sekarang, pelaut bisa menggunakan kompas, atau malah GPS sebagai penunjuk arah.

Tapi dulu, di zaman sebelum semua teknologi itu hadir, pelaut ternyata mengandalkan rasi bintang!

Selain sebagai penunjuk arah, rasi bintang juga bisa digunakan untuk menentukan arah mata angin. Bahkan, dari rasi bintang, petani bisa mengetahui waktu yang tepat untuk bercocok tanam. Alam bisa canggih juga, ya?

Tapi, mungkin nggak semua orang mengerti bagaimana cara untuk bisa melihat rasi bintang. Nah, berikut ini adalah cara mudahnya:
1.    Saat yang tepat untuk melihat rasi bintang adalah di musim kemarau. Saat itu langit lebih cerah. Sedangkan waktunya, lewat dari pukul 18.30.
2.    Cari lokasi yang minim polusi. Misalnya, di pegunungan atau perbukitan.
3.    Bawa peta rasi bintang sebagai panduan. Nggak perlu malu, kita kan masih pemula.
4.    Gunakan teropong, supaya lebih jelas.

Kalau sudah tahu caranya, berikut ini adalah bocoran rasi bintang yang menunjukkan arah mata angin:
1.    Rasi bintang Beruang Besar (atau Gayung Besar), menunjukkan arah Utara.
2.    Rasi bintang layang-layang, menunjukkan arah Selatan.
3.    Rasi bintang Orion, atau pemburu, menunjukkan arah Barat.
4.    Rasi bintang Scorpio, menunjukkan arah Timur. Cuma, rasi bintang ini cukup banyak konstelasinya, jadi mesti teliti banget saat mencarinya.

Sumber : http://ceritacincin.blogspot.com

Jumat, 21 Desember 2012

Mesin Dua Tak

Mesin 2 tak adalah mesin pembakaran dalam yang dalam satu siklus pembakaran terjadi dua langkah piston, berbeda dengan putaran empat-tak yang mempunyai empat langkah piston dalam satu siklus pembakaran, meskipun keempat proses (intake, kompresi, tenaga, pembuangan) juga terjadi.
Mesin dua tak juga telah digunakan dalam mesin diesel, terutama rancangan piston berlawanan, kendaraan kecepatan rendah seperti mesin kapal besar, dan mesin V8 untuk truk dan kendaraan berat lainnya.

Prinsip kerja
Untuk memahami prinsip kerja, perlu dimengerti istilah baku yang berlaku dalam teknik otomotif :
>TMA (titik mati atas) atau TDC (top dead centre), posisi piston berada pada titik paling atas dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling jauh dari poros engkol (crankshaft).
>TMB (titik mati bawah) atau BDC (bottom dead centre), posisi piston berada pada titik paling bawah dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling dekat dengan poros engkol (crankshaft).
>Ruang bilas yaitu ruangan dibawah piston dimana terdapat poros engkol (crankshaft), sering disebut dengan bak engkol (crankcase) berfungsi gas hasil campuran udara, bahan bakar dan pelumas bisa tercampur lebih merata.
>Pembilasan (scavenging) yaitu proses pengeluaran gas hasil pembakaran dan proses pemasukan gas untuk pembakaran dalam ruang bakar.
Langkah kesatu
Piston bergerak dari TMA ke TMB.
1. Pada saat piston bergerak dari TMA ke TMB, maka akan menekan ruang bilas yang berada di bawah piston. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB, tekanan di ruang bilas semakin meningkat.
2. Pada titik tertentu, piston (ring piston) akan melewati lubang pembuangan gas dan lubang pemasukan gas. Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain perancang. Umumnya ring piston akan melewati lubang pembuangan terlebih dahulu.
3. Pada saat ring piston melewati lubang pembuangan, gas di dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.
4. Pada saat ring piston melewati lubang pemasukan, gas yang tertekan dalam ruang bilas akan terpompa masuk dalam ruang bakar sekaligus mendorong gas yang ada dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.
5. Piston terus menekan ruang bilas sampai titik TMB, sekaligus memompa gas dalam ruang bilas masuk ke dalam ruang bakar.
Langkah kedua
Piston bergerak dari TMB ke TMA.
1. Pada saat piston bergerak TMB ke TMA, maka akan menghisap gas hasil percampuran udara, bahan bakar dan pelumas masuk ke dalam ruang bilas. Percampuran ini dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi. (Lihat pula:Sistem bahan bakar)
2. Saat melewati lubang pemasukan dan lubang pembuangan, piston akan mengkompresi gas yang terjebak dalam ruang bakar.
3. Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai TMA.
4. Beberapa saat sebelum piston sampai di TMA, busi menyala untuk membakar gas dalam ruang bakar. Waktu nyala busi sebelum piston sampai TMA dengan tujuan agar puncak tekanan dalam ruang bakar akibat pembakaran terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA ke TMB karena proses pembakaran sendiri memerlukan waktu dari mulai nyala busi sampai gas terbakar dengan sempurna.
Perbedaan desain dengan mesin empat tak
Pada mesin dua tak, dalam satu kali putaran poros engkol (crankshaft) terjadi satu kali proses pembakaran sedangkan pada mesin empat tak, sekali proses pembakaran terjadi dalam dua kali putaran poros engkol.
Pada mesin empat tak, memerlukan mekanisme katup (valve mechanism) dalam bekerja dengan fungsi membuka dan menutup lubang pemasukan dan lubang pembuangan, sedangkan pada mesin dua tak, piston dan ring piston berfungsi untuk menbuka dan menutup lubang pemasukan dan lubang pembuangan. Pada awalnya mesin dua tak tidak dilengkapi dengan katup, dalam perkembangannya katup satu arah (one way valve) dipasang antara ruang bilas dengan karburator dengan tujuan :
1. Agar gas yang sudah masuk dalam ruang bilas tidak kembali ke
karburator.
2. Menjaga tekanan dalam ruang bilas saat piston mengkompresi ruang
bilas.
Lubang pemasukan dan lubang pembuangan pada mesin dua tak terdapat pada dinding silinder, sedangkan pada mesin empat tak terdapat pada kepala silinder (cylinder head). Ini adalah alasan paling utama mesin dua tak menggunakan oli samping.
Lihat pula: Sistem pelumasan
Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan mesin dua tak
Dibandingkan mesin empat tak, kelebihan mesin dua tak adalah :
1. Mesin dua tak lebih bertenaga dibandingkan mesin empat tak.
2. Mesin dua tak lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin empat tak.
>Kombinasi kedua kelebihan di atas menjadikan rasio berat terhadap tenaga
(power to weight ratio) mesin dua lebih baik dibandingkan mesin empat tak.
3. Mesin dua tak lebih murah biaya produksinya karena konstruksinya yang sederhana.
Meskipun memiliki kelebihan tersebut di atas, jarang digunakan dalam aplikasi kendaraan terutama mobil karena memiliki kekurangan.
Kekurangan mesin dua tak
Kekurangan mesin dua tak dibandingkan mesin empat tak
1. Efisiensi mesin dua tak lebih rendah dibandingkan mesin empat tak.
2. Mesin dua tak memerlukan oli yang dicampur dengan bahan bakar (oli
samping/two stroke oil) untuk pelumasan silinder mesin.
>Kedua hal di atas mengakibatkan biaya operasional mesin dua tak lebih
tinggi dibandingkan mesin empat tak.
3. Mesin dua tak menghasilkan polusi udara lebih banyak, polusi terjadi dari
pembakaran oli samping dan gas dari ruang bilas yang terlolos masuk
langsung ke lubang pembuangan.
4. Pelumasan mesin dua tak tidak sebaik mesin empat tak, mengakibatkan usia
suku cadang dalam komponen ruang bakar relatif lebih rendah.
Aplikasi
Mesin dua tak diaplikasikan untuk mesin bensin maupun mesin diesel. Mesin bensin dua tak digunakan paling banyak di mesin kecil, seperti :
a. Mesin sepeda motor.
b. Mesin pada gergaji (chainsaw).
c. Mesin potong rumput.
d. Mobil salju.
e. Mesin untuk pesawat model, dan sebagainya.
Mesin dua tak yang besar biasanya bertipe mesin diesel, sedangkan mesin dua tak ukuran sedang sangat jarang digunakan.
Pengembangan
Penggunaan teknologi injeksi langsung dengan tujuan menurunkan emisi gas buang.
Karena emisi gas buang sulit untuk memenuhi standar UNECE Euro II, penggunaan mesin dua-tak untuk sepeda motor sudah semakin jarang.

Sumber : http://yudhateknik.wordpress.com