Kamis, 07 Februari 2013

Tenaga Listrik, Landasan Bagi Kehidupan Modern

Sistem Tenaga
Tenaga listrik kini merupakan landasan bagi kehidupan modern, dan tersedianya dalam jumlah dan mutu yang cukup menjadi syarat bagi suatu masyarakat yang memiliki taraf kehidupan yang baik dan perkembangan industri yang maju.
Dalam merencanakan suatu sistem penyediaan tenaga listrik, lokasi fisik pusat tenaga listrik, saluran transmisi dan gardu induk perlu ditentukan dengan tepat, agar dapat diperoleh suatu sistem yang baik, ekonomis dan dapat diterima masyarakat.

Berikut adalah skematis Prinsip Penyediaan Tenaga Listrik



Penyediaan tenaga listrik
Untuk sitem penyediaan tenaga listrik yang besar pada umumnya dapat disebut tiga jenis tenaga listrik, yaitu:
1.Pusat listrik tenaga air
2.Pusat listrik tenaga termal
3.Pusat listrik tenaga nuklir
Kini juga dikembangkan berbagai pusat tenaga listrik yang menggunakan jenis-jenis sumber daya energi lain, seperti angina, surya dan panas laut. Namun pada saat ini kontribusi jenis-jenis pusat tenaga listrik ini masih kecil.

Lingkungan hidup
Pengelolaan energi dan demikian juga penyediaan tenaga listrik berpengaruh paa lingkungan hidup, dan pada gilirannya berpengaruh negative pada mutu kehidupan. Di lain pihak, energi listrik diperlukan untuk meningkatkan taraf kemakmuran masyarakat. Tergantung dari sumber energi rimer yang dipakai, unsur-unsur pencemar lingkungan hidup yang diproduksi adalah karbondioksida (CO2), karbonmonoksida (CO), sulfurdioksida (SO2), berbagai nitrogenoksida (NOx), dan radiasi nuklir. Pencemaran-pencemaran karbondioksida dan nitrogenoksida sering dinamakan gas-gas rumah kaca (greenhouse gases) karena memberi kontribusi kepada efek rumah kaca (greenhouse gases) yang merupakan penyebab dari apa yang disebut pemanasan global (global warming).


Elemen Sistem Tenaga
Salah satu cara yang paling ekonomis,mudah, dan aman untuk mengirimkan energi adalah melalui bentuk energi listrik. Pada pusat pembangkit, sumber daya energi primer seperti bahan bakar fosil (minyak, gas alam, dan batubara), hidro, panas bumi, dan nuklir diubah menjadi energi. Generator sinkron mengubah energi mekanis yang dihasilkan pada poros turbin menjadi energi listrik tiga fasa.
Melalui transformator panaik tegangan (step-up transformator) energi listrik ini kemudian dikirimkan melalui saluran transmisi bertegangan tinggi menuju pusat-pusat beban. Peningkatan tegangan dimaksudkan untuk mengurangi jumlah arus yang mengalir pada saluran transmisi. Dengan demikian saluran transmisi bertegangan tinggi akan membawa aliran arus yang rendah dan berarti mengurangi rugi panas (heat loss) I2R yang menyertakan. Ketika saluran transmisi mencapai pusat bebn, tegangan tersebut kembali diturunkan menjadi tegangan menengah melalui transformator penurun tegangan (step-down transformator).
Di pusat-pusat beban yang terhubung dengan saluran disrtibusi, energi listrik ini diubah menjadi bentuk-bentuk energi terpakai lainnya seperti energi mekanis (motor), penerangan, pemanasan, pendinginan, dan sebagainnya.

Elemen Pokok Sistem tenaga dapat dilihat pada gambar berikut:


PUSAT PEMBANGKIT DAN OPERASI EKONOMISNYA

Pusat pembangkit berfungsi untuk mengkonversikan sumber daya energi primer menjadi energi listrik. Pusat pembangkit listrik konvensional mencangkup:
1. Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU); minyak, gas alam, dan batubara.
2. Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA).
3. Pusat Listrik Tenaga Gas (PLTG).
4. Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD).
5. Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).
6. Pusat Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Di samping pembangkit listrik konvensional tersebut, saat ini tengah dikembangkan beberapa teknologi konversi untuk sumberdaya energi baru seperti: biomassa, solar, limbah kayu, angi, gelombang laut, dan sebagainya.
Pembangkit listrik melalui cara megnetohidrodinamik (MHD) pada saat ini juga sedang memasuki tahap penelitian dan pengembangan yang intensif.

Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU).
Pada pembangkit listrik ini, bahan baker minyak, gas alam, atau batubara dipakai untuk membangkitakan panas dan uap pada boiler. Uap tersebut kemudian dipakai untuk memutar turbin yang dikopelkan langsung dengan sebuah generator sinkron. Setelah melewai turbin, uap yang bertekanan dan bertemperatur tinggi tadi muncul menjadi uap bertekanan dan bertempratur rendah. Panas yang disadap oleh kondensor menyebabkan uap berubah menjadi air yang kemudian dipompakan kembali menuju boiler. Siklus lengkap proses ini terlihat pada gambar berikut:



sisa panas yang dibuang oleh kondensor mencapai setengah jumlah panas semula yang masuk. Hal ini mengakibatkan efisien termodinamika suatu turbin uap bernilai kecil dari 50%. Turbin uap yang modern mempunyai temperatur boiler sekitar 500 sampai 600 derajat celcius dan temperatur kondensor antara 20 sampai 30 derajat celcius.

Pusat Listrik Tenaga Gas (PLTG)
Seperti juga pada PLTD, PLTG atau turbin gas merupakan mesin dengan proses pembakaran dalam (internal combustion). Bahan bakar berupa minyak atau gas alam dibakar di dalam ruang pembakar (combustor). Udara yang memasuki kompresor setelah mengalami tekanan bersama-sama dengan bahan baker disemprotkan ke ruang pembakar untuk melakukan proses pembakaran. Gas panas hasil pembakaran ini berfungsi sebagai fluida kerja yang memutar roda turbin bersudu yang terkopel dengan generator sinkron. Generator sinkron kemudian mengubah energi mekanis menjadi energi listrik. Lihat gambar berikut:



Berbeda dengan pada PLTD, pada PLTG tidak terdapat bagian mesin yang bergerak Translasi (bolak-balik) karena itu ia merupakan mesin yang bebas dari getaran. meskipun temperatur turbin gas (1000 derajat celcius) jauh lebih tinggi daripada temperatur turbin uap (530 derajat celcius), namun efisien konversi termalnya hanya mencapai 20% - 30%. karena biaya modal yang rendah, serta biaya bahan bakar yang tinggi, maka PLTG berfungsi memikul beban puncak.

Pusat Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)
Pada reactor air tekan (pressurized water reactor) terdapat dua rangkaian yang seolah-olah terpisah. Pada rangkaian pertama bahan baker uranium-235 yang diperkaya dan tersusun dalam pipa-pipa berkelompok, tersudut untuk menghasilkan panas dalam reactor. Karena air dalam bejana penuh, maka tidak terjadi pembentukan uap, melainkan air menjadi panas dan bertekanan. Air panas yang bertekanan tersebut kemudian mengalir ke rangkaian kedua melalui suatu generator uap yang terbuat dari baja. Generator uap menghasilkan uap yang memutar turbin dan proses selanjutnya mengikuti siklus tertutup sebagaimana berlangsung pada turbin uap PLTU.
Keuntungan reactor air tekan yang mempunyai dua rangkaian ini terletak pada pemisahan rangkaian pertama yang merupakan reactor radioaktif dari proses konversi turbin uap yang berlangsung pada rangkaian kedua. Dengan demikian, uap yang masuk ke dalam turbin dan kondensor merupakan uap bersih yang tidak tercemar radioaktif. PLTN yang mempunyai biaya modal tinggi dan biaya bahan baker rendah itu seyogyanya beroprasi untuk beban dasar (7000-8000 jam pertahun).



Pusat Tenaga Listrik Air (PLTA)
penggunaan tenaga air mungkin merupakan konversi energi tertua yang pernah dikenal manusia. perbedaan veritikal antara batas asa dengan batas bawah bendungan di mana terletak turbin air, dikenal sebagai tinggi terjun. Tinggi terjun ini mengakibatkan air yang mengalir akan memperoleh energi kinetik yang kemudian mendesak sudu-sudu turbin. Bergantung pada tinggi terjun dan debit air, dikenal tiga macam turbin yaitu:
- Pelton
- Francis
- Kalpan
Karena tidak menggunakan bahan bakar, biaya operasi PLTA sangat rendah, namun hal ini dibarengi dengan biaya investasi yang sangat tinggi untuk kontruksi pekerjaan sipilnya.
Bergantung pada ketersediaan sumber energi air, PLTA dapat berfungsi untuk memikul beban puncak ataupun beban dasar. Sebagai sumberdaya energi yang dapat pulih, sumber potensi tenaga air sangat menarik untuk dikembangkan. Tetapi pemanfaatanya secara luas sangat dibatasi oleh kondisi geografis setempat dan permasalahan lokasi yang biasanya jauh dari opusat beban. Dari 77 863 MW potensi tenaga air terbesar diseluruh Indonesia, sampai dengan periode pelita IV ini baru sekitar 2000 MW saja yang telah dimanfaatkan.
Dengan memperhatikan bahwa setiap pusat pembangkit mempunyai perbedaan yang cukup berarti dilihat dari aspek biaya modal, biaya operasi, maupun efisiensinya, maka seorang insinyur listrik harus mampu memilih alternatif susunan gabungan pembangkit (generation-mix) yang paling ekonomis untuk dioperasikan. Mengingat beban bervariasi secara ekstrem dari saat ke saat dan brsamaan dengan itu penyediaan (supply) sistem pembangkit diharapkan selalu mencukupi kebutuhan beban yang berfluktuasi tadi, maka terdapat interelasi antara parameter ekonomis pusat-pusat pembangkit dengan dinamika beban. susunan kapasitas terpasang pembangkit PLN menurut jenisnya untuk keadaaan akhir pelita IV (1988/89) terlihat pada tabel berikut:

Susunan Kapasitas Terpasang Pembangkit PLN Menurut Jenisnya untuk Keadaan Akhir Pelita IV (19988/89)


KONVERSI ENERGI ELEKTROMEKANIK

salah satu aspek penting dalam sistem tenaga adalah yang menyangkut konversi energi elektromekanik; yaitu konversi energi dari bentuk mekanik ke listrik dan dari bentuk listrik ke mekanik. Konversi energi tersebut berlangsung pada sistem tenaga melalui peralatan elektromagnet yang disebut generator dan motor seperti diperlihatkan pada diagram blok berikut:



pada gambar tesebut, blok disebelah kiri menggambarkan sistem pembangkit. melalui generator sinkron tiga fasa yang menerima kopel dari poros turbin, sistem ini berperan untuk mengubah bentuk energi mekanik menjadi energi listrik.
Blok di tengah gambar, menggambarkan bagian dari sistem tenaga yang mengirimkan energi listrik dari sistem pembangkit menuju sistem beban. Untuk mengurangi rugi-rugi panas, energi yang dikirim perlu dinaikkan tegangannya melalui transformator penaik tegangan. Dengan demikian, meskipun transformator bukan termasuk peralatan konversi energi. namun merupakan alat pembantu elektromagnet yang juga penting dalam sistem tenaga.
Blok di sebelah kanan menggambarkan sistem beban yang mengubah sebagian dari energi listrik menjadi bentuk energi mekanik. Perubahan tersebut berlangsung dalam mesin-mesin berputar yang disebut motor. Selain itu sebagian energi listrik dipergunakan untuk keperluan beban lainnya seperti penerangan. pendinginan. dan pemanasan.

TRANSMISI DAN DISTRIBUSI

Apabila saluran transmisi menyalurkan tenaga listrik bertegangan tinggi ke pusat-pusat beban dalam jumlah besar, maka saluran distribusi berfungsi membagikan tenaga listrik tersebut kepada pihak pemakai melalui saluran tegangan rendah.
Generator sinkron di pusat pembangkit biasanya menghasilkan tenaga listrik dengan tegangan antara 6-20 kV yang kemudian, dengan bantuan transformator, tegangan tersebut dinaikkan menjadi 150-500 kV. Saluran tegangan tinggi (STT) menyalurkan tenaga listrik menuju pusat penerima; di sini tegangan diturunkan menjadi tegangan subtransmisi 70 kV. Pada gardu induk (GI), tenaga listrik yang diterima kemudian dilepaskan menuju trafo distribusi (TD) dalam bentuk tegangan menengah 20 kV. Melalui trafo distribusi yang tersebar di berbagai pusat-pusat beban, tegangan distribusi primer ini diturunkan menjadi tegangan rendah 220/380 V yang akhirnya diterima pihak pemakai. Contoh saluran transmisi dan distribusi terlihat pada Gambar:



KARAKTERISTIK BEBAN

Sistem tenaga listrik dirancang untuk dapat mengirim energi listrik dengan cara yang efisien dan aman kepada para langganan. Karakteristik dari permintaan energi listrik kadangkala membuat usaha tersebut sulit untuk dipenuhi. Meramalkan pertumbuhan beban dan usaha untuk memenuhi siklus beban harian dan beban tahunan secara memuaskan merupakan dua kesulitan yang harus diatasi.
Pertumbuhan rata-rata konsumsi listrik di Indonesia pada Pelita II dan Pelita III masing-masing mencapai 14.1% dan 12.7% per tahun. Selama sepuluh tahun itu (1974/75-1983/84) konsumsi listrik total telah meningkat sebanyak tiga kali. Dalam Pelita IV (1983/84-1988/89) pertumbuhan rata-rata pemakaian listrik diperkirakan sekitar 13-15% per tahun.
Mengingat untuk membangun suatu pusat pembangkit tenaga listrik diperlukan waktu 8 sampai 10 tahun, maka para perencana sistem harus melihat kemungkinan-kemungkinan perkembangan sistem tenaga 10 sampai 20 tahun ke muka. Hal tersebut diperlukan agar tersedia cukup waktu untuk memperkirakan dan memperbaiki perencanaan dalam perspektif jangka panjang.




Melalui kombinasi pengkajian kecenderungan masa lalu dan pembuatan ramalan ke masa depan, perencana akan memperkirakan kebutuhan pembangkitan tenaga dan merekomendasikan pembangunan fasilitasnya. Namun demikian, tugas perencana sistem tidak terbatas pada menjamin ketersediaan pembangkitan yang cukup saja, tapi juga harus dapat menentukan:
1. Apakah saluran transmisi yang tersedia beserta pelengkapnya masih cukup mampu
untuk membawa tambahan energi listrik yang diperlukan?
2. Apakah peralatan sistem masih cukup andal untuk melindungi sistem dari keadaan-
keadaan gangguan?
3. Apakah keadaan gejala peralihan (transient) akan menggan2gu operasi normal sistem.
4. Cara operasi yang paling ekonomis untuk bermacam-macam keadaan pembebanan.

Selain persoalan-persoalan teknik tersebut, harus pula turut diperhatikan permasalahan yang menyangkut dampak lingkungan dan aspek penerimaan masyarakat atas hadirnya fasilitas baru ini. Dengan demikian seorang insinyur tenaga listrik, menghadapi kebutuhan listrik yang kian meningkat. diharapkan dapat melakukan perkiraan-perkiraan dan sekaligus menyelesaikan persoalan yang muncul secara tepat dan terus-menerus.
Mengingat teknologi yang tersedia saat ini belum mungkin untuk menyimpan energi listrik secara efisien serta memenuhi persyaratan biaya-manfaat. maka tenaga listrik harus dibangkitkan sebanyak yang diperlukan saja.

PROTEKSI

Suatu gangguan atau kegagalan, dalam keadaan bagaimanapun, akan mempengaruhi aliran arus normal pada sistem tenaga. Gangguan-gangguan yang terjadi dapat disebabkan oleh sambaran petir, hubungan singkat karena kejatuhan benda tertentu pada kawat penghantar, rusaknya isolasi, dan lain sebagainya. Gangguan-gangguan tersebut dapat mengakibatkan lonjakan yang berlebihan, aliran arus yang sangat besar, bunga api listrik, dan kegagalan sistem tenaga untuk beroperasi secara keseluruhan. Menjadi tugas insinvur listrik pula untuk merancang sistem proteksi dengan mengatur pemakaian sekering (fuse), pemutus daya (circuit breaker), dan sistem relai yang mampu menemukan gangguan dengan cepat serta memisahkannya segera dari bagian sistem yang lain. Dengan rancangan sistem proteksi yang baik, gangguan-gangguan yang terjadi dapat dilokalisir pada daerah kejadian saja sehingga tidak mengganggu para langganan di daerah lain.


NOTASI DAN SIMBOL

Penggunaan notasi dan simbol dalam buku ini diusahakan sesederhana mungkin. Untuk harga sesaat besaran arus bolak-balik, digunakan huruf kecil, misaInya i untuk arus sesaat. dan v untuk tegangan sesaat. Penggunaan huruf besar menunjukkan nilai fasor yang mengandung besaran (magnitude) dan sudut. Besaran fasor adalah harga rms-nya (root-mean-square). Namun pada pemakaian tertentu, huruf besar juga berarti harga bilangan nyata yang hanya mempunyai besaran. Misalnya P = VI cos 0 akan menghasilkan bilangan-bilangan nyata, sehingga nilai V dan I hanya menunjukkan besarannya saja.
Untuk perhitungan-perhitungan tiga fasa, daya nyata, daya reaktif, clan daya mayanya diasumsikan selalu mempunyai besaran tiga fasa, kecuali bila dinyatakan lain.

Sumber : google.com




Apa itu Engine Management?

Sebuah mesin kontrol unit (ECU), paling sering disebut modul kontrol powertrain (PCM), adalah jenis unit kontrol elektronik yang mengontrol serangkaian aktuator pada mesin pembakaran internal untuk memastikan berjalan optimal. Hal ini dilakukan dengan membaca nilai dari banyak sensor dalam mesin bay, menafsirkan data menggunakan peta kinerja multidimensi (disebut Look-up tabel), dan menyesuaikan aktuator mesin sesuai.
Sebelum ECU, udara / campuran bahan bakar, waktu pengapian, dan kecepatan idle yang ditetapkan secara mekanis dan dinamis dikendalikan dengan cara mekanis dan pneumatik. Salah satu upaya awal untuk menggunakan seperti perangkat unitized dan otomatis untuk mengelola fungsi kontrol mesin secara bersamaan adalah "Kommandogerät" diciptakan oleh BMW pada tahun 1939, untuk mereka 801 14-silinder mesin penerbangan radial [rujukan?]. Perangkat ini memang memiliki nya masalah, itu akan membuat gelombang mesin pembentukan dekat terbang dari Fw 190 agak sulit dan memiliki kebiasaan buruk pada awalnya switching gigi supercharger kasar dan secara acak yang bisa sangat berbahaya dan mudah bisa melempar pesawat ke kios atau berputar. Namun keunggulan utama yang mana dalam beberapa pesawat waktu itu mengambil manipulasi 6 kontrol yang berbeda untuk memulai percepatan keras, dalam seri 801 pesawat dilengkapi hanya ada satu.Isi

    
1 Bekerja dari ECU
        
1.1 Pengendalian Air / Fuel ratio
        
1.2 Pengendalian waktu pengapian
        
1.3 Pengendalian kecepatan idle
        
1.4 Pengendalian variable valve timing
        
1,5 kontrol elektronik katup
    
2 Programmable ECU
    
3 Sejarah
        
3.1 digital desain Hybrid
        
3.2 modern ECU
    
4 Aplikasi lain
    
5 Lihat juga
        
5.1 sistem manajemen mesin Open source
        
5,2 dimodifikasi namun sistem mesin terbatas manajemen
        
5.3 Mesin Terlama sistem manajemen komersial untuk aftermarket
        
5,4 sistem manajemen mesin lain aftermarket
    
6 Referensi
    
7 Pranala luar
Kerja ECUPengendalian Air / Fuel ratio
Untuk mesin dengan injeksi bahan bakar, kontrol mesin unit (ECU) akan menentukan jumlah bahan bakar untuk menyuntikkan berdasarkan sejumlah parameter. Jika sensor posisi Throttle menunjukkan pedal throttle ditekan lebih bawah, sensor aliran massa akan mengukur jumlah udara tambahan yang tersedot ke dalam mesin dan ECU akan menyuntikkan kuantitas tetap bahan bakar ke mesin (sebagian besar inlet bahan bakar mesin kuantitas tetap). Jika pendingin mesin sensor suhu menunjukkan mesin tidak menghangat lagi, lebih banyak bahan bakar akan disuntikkan (menyebabkan mesin untuk menjalankan sedikit 'kaya' sampai mesin hangat). Campuran kontrol pada karburator dikendalikan komputer bekerja mirip tapi dengan solenoid kontrol campuran atau stepper motor yang tergabung dalam mangkuk float karburator.Kontrol waktu pengapian
Sebuah mesin pengapian busi memerlukan percikan untuk memulai pembakaran di ruang bakar. Sebuah ECU dapat mengatur waktu yang tepat dari percikan (disebut timing pengapian) untuk memberikan daya yang lebih baik dan ekonomi. Jika ECU mendeteksi mengetuk, suatu kondisi yang berpotensi merusak mesin, dan "hakim" untuk menjadi hasil dari timing pengapian yang terlalu dini dalam langkah kompresi, itu akan menunda (retard) waktu percikan untuk mencegah hal ini . Karena ketukan cenderung terjadi lebih mudah pada putaran rendah, ECU dapat mengirim sinyal untuk transmisi otomatis ke Pergeseran turun sebagai upaya pertama untuk mengurangi ketukan.Kontrol kecepatan idle
Sistem mesin Kebanyakan memiliki kontrol kecepatan idle dibangun ke ECU. RPM mesin dipantau oleh sensor posisi crankshaft yang memainkan peran utama dalam fungsi mesin waktu untuk injeksi bahan bakar, peristiwa percikan, dan timing valve. Kecepatan idle dikendalikan oleh berhenti throttle diprogram atau udara menganggur pintas kontrol stepper motor. Awal karburator berbasis sistem yang digunakan berhenti throttle diprogram menggunakan motor DC dua arah. Sistem TBI awal menggunakan udara kontrol menganggur stepper motor. Kontrol kecepatan yang efektif menganggur harus mengantisipasi beban mesin pada saat idle. Perubahan ini beban menganggur dapat berasal dari sistem HVAC, sistem power steering, sistem tenaga rem, dan pengisian listrik dan sistem pasokan. Suhu mesin dan status transmisi, dan lift dan durasi camshaft juga dapat mengubah beban mesin dan / atau nilai kecepatan idle diinginkan.
Sebuah throttle otoritas sistem kontrol penuh dapat digunakan untuk mengontrol kecepatan idle, menyediakan fungsi cruise control dan pembatasan kecepatan tertinggi.Pengendalian variable valve timing
Beberapa mesin memiliki Variable Valve Timing. Dalam sebuah mesin, ECU mengontrol waktu dalam siklus mesin di mana katup terbuka. Katup biasanya dibuka cepat dengan kecepatan yang lebih tinggi dari pada kecepatan yang lebih rendah. Hal ini dapat mengoptimalkan aliran udara ke dalam kekuasaan, silinder meningkat dan ekonomi.Electronic control valve
Mesin eksperimental telah dibuat dan diuji yang memiliki camshaft tidak ada, tetapi memiliki kontrol elektronik penuh intake dan exhaust katup pembukaan, penutupan katup dan luas bukaan katup [1] mesin tersebut dapat dimulai dan dijalankan tanpa motor starter pasti. multi-silinder mesin yang dilengkapi dengan presisi waktunya pengapian elektronik dan pengisian bahan bakar. Seperti mesin statis-start akan memberikan peningkatan efisiensi dan polusi-pengurangan drive hybrid-listrik ringan, tetapi tanpa biaya dan kompleksitas dari sebuah motor starter besar. [2]
Mesin produksi pertama dari jenis ini ditemukan (pada tahun 2002) dan memperkenalkan (tahun 2009) oleh Fiat mobil Italia di Alfa Romeo MiTo. Mesin Multiair mereka menggunakan katup kontrol elektronik yang secara drastis meningkatkan torsi dan tenaga kuda, sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar sebanyak 15%. Pada dasarnya, katup yang dibuka oleh pompa hidrolik, yang dioperasikan oleh ECU. Katup dapat membuka beberapa kali per langkah isap, berdasarkan beban mesin. ECU kemudian memutuskan berapa banyak bahan bakar harus disuntikkan untuk mengoptimalkan pembakaran.
Misalnya, saat mengemudi pada kecepatan stabil, katup akan terbuka dan sedikit bahan bakar akan disuntikkan, katup kemudian menutup. Tapi, ketika Anda tiba-tiba cap pada throttle, katup akan terbuka lagi dalam langkah isap yang sama dan bahan bakar lebih banyak akan disuntikkan, sehingga Anda mulai untuk mempercepat segera. ECU kemudian menghitung beban mesin pada saat itu RPM yang tepat dan memutuskan bagaimana untuk membuka katup: awal, atau terlambat, terbuka lebar, atau hanya setengah terbuka. Pembukaan optimal dan waktu selalu tercapai dan pembakaran setepat mungkin. Ini, tentu saja, tidak mungkin dengan camshaft normal, yang membuka katup untuk periode asupan keseluruhan, dan selalu penuh ke lift.
Dan tidak boleh diabaikan, penghapusan Cams, angkat, rocker, dan waktu yang ditetapkan tidak hanya mengurangi berat badan dan massal, tetapi juga gesekan. Sebagian besar dari kekuatan yang mesin benar-benar menghasilkan habis hanya mendorong katup, mengompresi semua katup ribuan mata air dari kali per menit.
Sekali lagi sepenuhnya dikembangkan, operasi katup elektronik akan menghasilkan manfaat lebih. Deaktivasi silinder, misalnya, bisa membuat bahan bakar lebih efisien jika intake valve dapat dibuka pada setiap downstroke dan katup buang terbuka pada setiap upstroke dari silinder dinonaktifkan atau "lubang mati". Lain kemajuan lebih signifikan akan penghapusan throttle konvensi. Ketika mobil dijalankan pada throttle bagian, ini gangguan aliran udara menyebabkan vakum berlebih, yang menyebabkan mesin untuk menggunakan energi yang berharga bertindak sebagai pompa vakum. BMW berusaha untuk berkeliling ini pada mereka V-10 bertenaga M5, yang memiliki kupu-kupu throttle individu untuk setiap silinder, ditempatkan tepat sebelum katup intake. Dengan operasi katup elektronik, maka akan memungkinkan untuk mengontrol kecepatan mesin dengan mengatur angkat katup. Pada throttle sebagian, ketika udara kurang dan gas diperlukan, lift katup tidak akan sama besar. Throttle penuh dicapai ketika pedal gas ditekan, mengirimkan sinyal elektronik ke ECU, yang pada gilirannya mengatur angkat dari setiap peristiwa katup, dan membukanya sepanjang jalan sampai.Programmable ECUBagian ini mungkin memerlukan pembersihan untuk memenuhi standar kualitas Wikipedia. Tidak ada alasan pembersihan telah ditetapkan. Harap membantu meningkatkan bagian ini jika Anda bisa. (Januari 2012)
Sebuah kategori khusus ECU adalah mereka yang diprogram. Unit-unit ini tidak memiliki perilaku tetap dan dapat diprogram kembali oleh pengguna.
ECU Programmable diperlukan di mana modifikasi aftermarket yang signifikan telah dibuat untuk mesin kendaraan. Contohnya termasuk menambahkan atau mengubah sebuah turbocharger, menambahkan atau mengubah sebuah intercooler, mengubah dari sistem pembuangan atau konversi untuk berjalan pada bahan bakar alternatif. Sebagai konsekuensi dari perubahan ini, ECU lama tidak dapat memberikan kontrol yang tepat untuk konfigurasi baru. Dalam situasi ini, ECU diprogram dapat ditransfer masuk ini dapat diprogram / dipetakan dengan laptop terhubung menggunakan kabel serial atau USB, sementara mesin sedang berjalan.
ECU diprogram bisa mengontrol jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan ke dalam silinder masing-masing. Hal ini bervariasi tergantung pada RPM mesin dan posisi pedal gas (atau tekanan udara manifold). Tuner mesin dapat menyesuaikan ini dengan membawa sebuah halaman spreadsheet seperti pada laptop di mana setiap sel merupakan persimpangan antara nilai RPM tertentu dan akselerator pedal posisi (atau posisi throttle, seperti yang disebut). Dalam sel ini nomor sesuai dengan jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan dimasukkan. Spreadsheet ini sering disebut sebagai meja bahan bakar atau fuel peta.
Dengan memodifikasi nilai-nilai sementara pemantauan knalpot menggunakan pita lebar lambda penyelidikan untuk melihat apakah mesin berjalan kaya atau ramping, tuner dapat menemukan jumlah optimal bahan bakar untuk menyuntikkan ke mesin di setiap kombinasi yang berbeda dari RPM dan posisi throttle. Proses ini sering dilakukan pada dinamometer, memberikan tuner lingkungan yang terkontrol untuk bekerja masuk Sebuah dinamometer mesin memberikan kalibrasi yang lebih tepat untuk aplikasi balap. Tuners sering memanfaatkan dinamometer chassis untuk jalan dan lainnya aplikasi kinerja tinggi.
Parameter lain yang sering mappable adalah:

    
Ignition Timing: Mendefinisikan pada titik dalam siklus mesin busi harus api untuk setiap silinder. Sistem modern memungkinkan untuk trim individu pada setiap silinder untuk per-silinder optimalisasi waktu pengapian.
    
Batas Rev: Mendefinisikan RPM maksimum yang diperbolehkan mesin untuk mencapai. Setelah ini dan bahan bakar / atau pengapian dipotong. Beberapa kendaraan memiliki "lunak" cut-off sebelum "keras" cut-off. Ini "cut lunak" pada umumnya fungsi dengan waktu pengapian penghambat untuk mengurangi output daya dan dengan demikian memperlambat laju percepatan sebelum "cut keras" terkena.
    
Suhu air koreksi: Memungkinkan untuk bahan bakar tambahan yang akan ditambahkan ketika mesin dingin, misalnya di dalam skenario cold-start musim dingin atau ketika mesin ini sangat panas, untuk memungkinkan pendinginan silinder tambahan (meskipun tidak dalam cara yang sangat efisien, karena darurat saja).
    
Transient bahan bakar: Menceritakan ECU untuk menambahkan jumlah tertentu bahan bakar ketika throttle diterapkan. Ini disebut sebagai "pengayaan akselerasi".
    
BBM pengubah tekanan rendah: Menceritakan ECU untuk meningkatkan waktu api injector untuk mengkompensasi kenaikan atau kehilangan tekanan bahan bakar.
    
Closed Loop lambda: Lets monitor ECU probe lambda permanen dipasang dan memodifikasi bahan bakar untuk mencapai rasio udara / bahan bakar pada target yang diinginkan. Ini sering (yang ideal) rasio udara bahan bakar stoikiometri, yang pada bensin tradisional (bensin) bertenaga kendaraan udara ini: rasio bahan bakar 14.7:1. Ini juga bisa menjadi rasio jauh lebih kaya ketika mesin berada di bawah beban tinggi, atau mungkin rasio lebih ramping untuk saat mesin beroperasi di bawah kondisi pelayaran beban rendah untuk efisiensi bahan bakar maksimal.
Beberapa mandiri / ras lebih maju ECU termasuk fungsi seperti kontrol peluncuran, beroperasi sebagai rev limiter sementara mobil adalah di garis start untuk menjaga revs mesin dalam 'sweet spot', menunggu kopling akan dirilis untuk memulai mobil secepat dan seefisien mungkin. Contoh lain dari fungsi-fungsi lanjutan adalah:

    
Kontrol wastegate: Mengontrol perilaku wastegate dorongan turbocharger, pengendali. Hal ini dapat dipetakan untuk perintah siklus tugas tertentu pada katup, atau dapat menggunakan PID berbasis loop tertutup algoritma kontrol.
    
Bertahap injeksi: Memungkinkan untuk injektor tambahan per silinder, digunakan untuk mendapatkan bahan bakar yang lebih halus kontrol injeksi dan atomisasi pada rentang RPM yang luas. Dan contoh adalah penggunaan injector kecil untuk kelancaran kondisi beban menganggur dan rendah, dan satu set kedua yang lebih besar dari injector yang 'dipentaskan di' pada beban yang lebih tinggi, seperti ketika dorongan turbo naik di atas set point.
    
Cam timing variabel: Memungkinkan untuk asupan variabel kontrol dan Cams knalpot (VVT), pemetaan posisi muka / retard kurva yang tepat pada camshaft untuk manfaat maksimal pada semua beban / rpm posisi di peta. Fungsi ini sering digunakan untuk mengoptimalkan output daya pada beban tinggi / RPM, dan untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan emisi yang lebih rendah sebagai beban / RPM.
    
Peralatan kontrol: Menceritakan ECU untuk memotong pengapian selama (gearbox sequential) upshifts atau blip throttle selama downshifts.
Sebuah ECU ras sering dilengkapi dengan data logger merekam semua sensor untuk analisis kemudian menggunakan software khusus dalam PC. Hal ini dapat berguna untuk melacak kios mesin, atau perilaku yang tidak diinginkan misfires lainnya selama perlombaan dengan men-download data log dan mencari anomali setelah acara. Data logger biasanya memiliki kapasitas antara 0,5 dan 16 megabyte.
Dalam rangka untuk berkomunikasi dengan sopir, ras ECU sering dapat terhubung ke "tumpukan data", yang merupakan dash board sederhana penyajian driver dengan kecepatan, RPM saat ini dan data lainnya mesin dasar. Tumpukan lomba ini, yang hampir selalu digital, berbicara dengan ECU menggunakan salah satu protokol proprietary beberapa berjalan di atas RS232 atau CANbus, menghubungkan ke konektor DLC (Data Connector link) biasanya terletak di bawah dasbor, sejalan dengan roda kemudiSejarahHybrid digital desain
Desain digital / analog hibrida yang populer pada pertengahan 1980-an. Ini teknik analog yang digunakan untuk mengukur dan memproses parameter input dari mesin, kemudian menggunakan tabel look-up yang disimpan dalam sebuah chip ROM digital untuk menghasilkan nilai output precomputed. Kemudian sistem menghitung output ini dinamis. Jenis ROM sistem ini bisa menerima untuk tuning jika ada yang tahu sistem dengan baik. Kerugian dari sistem tersebut adalah bahwa nilai-nilai precomputed hanya optimal untuk mesin, ideal baru. Sebagai mesin memakai, sistem ini kurang mampu mengkompensasi daripada sistem berbasis CPU. Modern ECU
Modern ECU menggunakan mikroprosesor yang dapat memproses masukan dari sensor mesin secara real time. Sebuah unit kontrol elektronik berisi hardware dan software (firmware). Hardware terdiri dari komponen elektronik pada papan sirkuit cetak (PCB), substrat keramik atau substrat laminasi tipis. Komponen utama pada papan sirkuit adalah sebuah mikrokontroler (CPU). Perangkat lunak ini tersimpan dalam mikrokontroler atau chip lain pada PCB, biasanya dalam EPROMs atau memori flash sehingga CPU dapat diprogram ulang dengan meng-upload kode diperbarui atau mengganti chip. Hal ini juga disebut sebagai Sistem (elektronik) Engine Management (EMS).
Sistem mesin canggih manajemen menerima masukan dari sumber lain, dan mengontrol bagian-bagian lain dari mesin, misalnya, beberapa sistem variable valve timing yang dikontrol secara elektronik, dan wastegates turbocharger juga dapat dikelola. Mereka juga dapat berkomunikasi dengan unit kontrol transmisi atau langsung antarmuka elektronik yang dikendalikan transmisi otomatis, sistem kontrol traksi, dan sejenisnya. Area Pengontrol Jaringan atau BISA bus jaringan otomotif sering digunakan untuk mencapai komunikasi antara perangkat tersebut.
Modern ECU terkadang menyertakan fitur seperti cruise control, kontrol transmisi, anti-selip kontrol rem, dan anti-pencurian kontrol, dll
General Motors 'pertama ECU memiliki aplikasi kecil hybrid digital ECU sebagai program percontohan pada tahun 1979, namun pada tahun 1980, semua program yang aktif yang menggunakan sistem berbasis mikroprosesor. Karena jalan besar sampai volume ECU yang diproduksi untuk memenuhi US Clean Air Act persyaratan untuk tahun 1981, hanya satu model ECU dapat dibangun untuk model tahun 1981. The ECU volume tinggi yang dipasang di kendaraan GM dari tahun pertama volume tinggi, 1981, dan seterusnya adalah sebuah sistem berbasis mikroprosesor modern. GM bergerak cepat untuk menggantikan sistem karburator untuk bahan bakar berbasis sistem injeksi tipe mulai tahun 1980/1981 mesin Cadillac, setelah pada tahun 1982 dengan Pontiac 2.5L "GM Iron Duke mesin" dan Chevrolet Corvette L83 "Cross-Fire" mesin. Hanya dalam beberapa tahun semua mesin karburator GM berbasis telah digantikan oleh injeksi throttle body (TBI) atau sistem intake manifold injeksi berbagai jenis. Pada tahun 1988 Delco Electronics, Anak perusahaan dari GM Hughes Electronics, menghasilkan lebih dari 28.000 ECU per hari, produsen terbesar di dunia on-board komputer kontrol digital pada saat itu. Aplikasi lain
Sistem tersebut digunakan untuk banyak mesin pembakaran internal dalam aplikasi lain. Dalam aplikasi penerbangan, sistem yang dikenal sebagai "FADECs" (Full Authority Digital Engine Kontrol). Ini semacam kontrol elektronik kurang umum di bermesin piston pesawat ringan sayap tetap dan helikopter daripada di mobil. Hal ini disebabkan konfigurasi umum dari mesin carbureted dengan sistem pengapian magneto yang tidak memerlukan daya listrik yang dihasilkan oleh alternator untuk menjalankan, yang dianggap sebagai keuntungan keamanan.


Sumber : http://wikipedia.org

Mengetahui Apa Itu Otomotif

Kita sudah sering membaca, melihat dan mendengar kata Otomotif tetapi pernahkah Anda bertanya tentang pengertian otomotif itu sendiri.
Menurut Artikata.com
Otomotif adalah kata sifat yang berarti sesuatu yang berputar dengan sendirinya (seperti motor dsb).
Jika Anda seorang sedang kuliah atau sekolah
Otomotif adalah ilmu yang mempelajari tentang alat transportasi darat yang menggunakan mesin seperti mobil dan sepeda motor.
Dengan makin banyaknya kendaraan darat seperti mobil dan motor yang diproduksi maka otomotif pun mulai berkembangan menjadi sebuah cabang ilmu yang diajarkan di dunia pendidikan.
Dengan semakin kompleksnya alat transportasi darat seperti mobil dan sepeda motor maka ribuan komponen yang digolongkan kedalam puluhan sistem dan subsistem. Maka dari itu ilmu otomotif ini pun berkembang luas dan mencangkup ke semua sistem dan subsistem.

Sumber : http://artikelotomotif.com 

Rabu, 06 Februari 2013

Apa yang Dipikirkan Ikan Saat Berenang?

Ikan dan hewan liar lainnya tampak berpikir banyak tentang makanan meliputi bagaimana cara mendapatkannya dan apa yang dikonsumsinya.

zebra,ikanIkan zebra (Danio rerio). (Wikimedia Commons).

Pernahkah Anda bertanya, apa yang ikan pikirkan ketika sedang berenang? Para ilmuwan baru saja meneliti apa yang ada di dalam pikiran ikan berenang dengan mengamati otak ikan yang masih hidup. Ternyata para ilmuwan menyimpulkan bahwa ketika berenang ikan memikirkan bagaimana mereka mendapatkan sesuatu yang baik untuk dimakan.
Ikan dan hewan liar lainnya tampak berpikir banyak tentang makanan meliputi bagaimana cara mendapatkannya dan apa yang dikonsumsinya. "Penelitian kami, pertama yakni memperlihatkan aktivitas otak secara real time pada hewan yang masih utuh (hidup) sepanjang hewan tersebut beraktivitas secara alamiah. Kita dapat membuat yang tak terlihat menjadi terlihat, itulah yang paling penting," kata penulis penelitian Koichi Kawakami dari Japan’s National Institute of Genetics.
Rekaman dan analisis penelitian dibuat dengan menggunakan probe neon yang sangat sensitif, di mana dapat mendeteksi aktifitas dari neuron. Kawakami bersama rekannya juga merancang sebuah metode genetik untuk memasukkan prober tepat ke dalam saraf yang menyangkut minat. Pendekatan ini memungkinkan para peneliti untuk mendeteksi aktifitas neuronal pada resolusi sel tunggal di otak zebrafish (ikan zebra).
Dalam kasus ini, ikan zebra memikirkan bagaimana menangkap dan memakan paramecium yang sedang berenang. Proses dasar dari analisa dapat digunakan untuk mempelajari sejumlah perilaku kompleks dari sebuah persepsi hingga gerakan untuk membuat suatu keputusan. Otak ikan zebra ternyata memiliki banyak kesamaan dengan otak manusia, sehingga metode ini dimasa yang akan datang dapat membantu kita.
Kawakami mengatakan "Di masa depan, kita dapat menafsirkan perilaku hewan termasuk belajar, memori, ketakutan, kesenangan, ataupun marah berdasarkan kombinasi aktivitas tertentu pada neuron. Ini berpotensi untuk menyingkat proses yang pada untuk pembangunan dari pengembangan obat psikiatri yang baru," kata Kawakami.

Sumber : http://nationalgeographic.co.id 

Libia Lawas yang Baru



Bagaimana masa depan rakyat Libia pasca ditinggal diktator yang memelintir?


Oleh Robert Draper
Foto oleh George Steinmetz.

Patung perunggu musuh Muammar Qaddafi tergeletak telentang di dalam peti kayu, diselimuti kegelapan gudang museum. Namanya Septimius Severus. Seperti Qaddafi, dia berasal dari negara yang sekarang disebut sebagai Libia.

Selama 18 tahun pada penghujung abad kedua dan awal abad ketiga Masehi, dia memerintah Kekaisaran Romawi. Tempat kelahirannya, Leptis Magna, adalah kota perdagangan 130 kilo­meter sebelah timur dari daerah yang pernah disebut bangsa Fenisia sebagai Oea, atau yang sekarang disebut Tripoli.

Kota itu menjadi kawasan yang sangat cocok untuk disebut sebagai Roma kedua. Lebih dari 1.700 tahun setelah kaisar tersebut mangkat, penjajah Italia di Libia menghormatinya dengan mendirikan patung berjenggot yang memukau. Patung itu memegang obor yang diacungkan tinggi-tinggi dengan tangan kanannya.

Mereka meletakkannya di alun-alun Tripoli (sekarang Martyrs’ Square) pada 1933—yang bertahan selama setengah abad sampai penguasa Libia berikutnya merasa terganggu oleh kehadirannya.

“Patung itu menjadi corong oposisi karena dialah satu-satunya sosok yang tidak dapat dihukum Qaddafi,” kata Hafed Walda, warga asli Libia dan dosen arkeologi di King’s College, London. “Setiap hari orang bertanya, ‘Apa yang mungkin dikatakan Septimius Severus se­­karang?’ Jadi, Qaddafi membuangnya ke tumpukan sampah. Warga Leptis Magna me­nyelamat­kannya dan membawanya pulang. “Dan di sanalah saya menemukannya, beristirahat dalam kotak kayu, menunggu nasib yang akan diberikan Libia baru kepadanya.

Qaddafi tidak salah ketika menganggap patung itu sebagai ancaman. Ini lantaran Septimius Severus melambangkan kenangan pilu akan Libia masa lalu. Kenangan itu berupa wilayah Laut Tengah dengan kekayaan budaya dan ekonomi yang sangat melimpah, sekaligus memiliki hubungan erat dengan dunia lain di balik lautan.

Garis pantainya membentang lebih dari 1.800 kilometer, dibentengi dataran tinggi yang memudar menjadi sejumlah wadi semi kering dan akhirnya menjadi gurun kecokelatan. Libia sudah lama menjadi jalur perdagangan dan seni serta aspirasi sosial yang tak terpadamkan. Wilayah tiga-kota Tripolitania—Leptis Magna, Sabratah, dan Oea—pernah menghasilkan gandum dan zaitun bagi warga Roma.

Namun, Qaddafi menyia-nyiakan kelebihan negaranya: lokasi yang tepat berada di selatan Italia dan Yunani, menjadikannya salah satu pintu gerbang Afrika ke Eropa. Kelebihan lain­nya, populasi yang dikelola dengan baik (kurang dari tujuh juta orang menghuni daratan seluas enam kali Italia) dan cadangan minyak yang besar.

Dia membungkam inovasi dan kebebasan berekspresi. Murid-murid sekolah menghafalkan falsafah kusut Qaddafi sebagaimana tertulis dalam Kitab Hijau-nya. Mereka menemukan bahwa kisah negara me­reka hanya terdiri atas dua bab: hari-hari gelap di bawah penjajahan imperialis Barat dan ke­jayaan Pemimpin Persaudaraan.

Sumber : http://nationalgeographic.co.id   

Selasa, 05 Februari 2013

Mengapa minyak baik untuk di jadikan pelumas?

Jelas sekali, karena minyak sangat licin bro. Akan tetapi apa yang membuatnya zat ini jadi licin?
Semua zat cair sebetulnya licin, tetapi pada tingkat yang berbeda-beda. Lantai atau jalan raya yang basah-maksud saya, basah karena air-menyembunyikan hantu berbahaya yang dapat membuat banyak pengacara mempunyai uang berlimpah untuk membeli busana perlente. Kendatipun demikian air tidak digunakan sebagai pelumas dalam mesin kita karena tidak cukup licin dan dapat menguap.
Minyak jauh lebih licin daripada air karena molekul-molekulnya dapat saling selip dengan mudah daripada molekul-molekul air. Dan karena zat cair pada hakikatnya adalah sekumpulan molekul yang satu sama lain dapat saling selip, Anda tidak usah heran jika zat cair licin, selicin ketika Anda terpeleset oleh kelereng yang berserakan di lantai.
Molekul-molekul air tidak saling selip semudah molekul-molekul minyak karena molekul-molekul itu memiliki kelengketan yang cukup besar–tarik-menarik yang cukup kuat di antara sesama molekul. Tarik-menarik antar molekul yang dialami oleh air terutama karena molekul-molekul itu mengandung atom-atom oksigen, dan kita tahu bahwa air mengandung oksigen, oksigen adalah O dalam rumus kimianya H2O.
Akan tetapi, molekul-molekul minyak,yakni molekul-molekul hidrokarbon yang membentuk bahan kimia peka dan licin berwarna hitam-juga disebut minyak bumi-hanya terdiri atas atom-atom hidrokarbon dan karbon. Tanpa atom oksigen sama sekali. Itu sebabnya mereka tidak terlalu lengket sehingga dapat saling selip dengan lebih mudah. Maka jadilah bahan ini pelumas yang baik.

Sumber : http://chem-is-try.org 

DNA Mampu Menyimpan 2,2 Juta Gigabit Data Per Gram

Tahukah Anda, satu gram DNA dapat menyimpan file hingga mencapai 2,2 juta gigabit data informasi atau berkisar 468 ribu DVD, yang mampu bertahan hingga lebih dari enam ratus tahun tanpa penulisan ulang.
Sebuah teknologi baru yang mungkin akan menggantikan teknologi penyimpanan Harddisk masa kini. Selama ini teknologi penyimpanan seperti flash disk yang kita gunakan sehari-hari, memiliki bobot lebih dari satu gram. Sementara satu gram DNA manusia yang ada pada tubuh, bisa menyimpan data jutaan kali lipat, mengesankan bukan?

DNA, Teknologi Penyimpanan Data Masa Depan

Seperti yang saya temukan pada situs Wired-science, banyak ilmuwan biologi molekul sedang membicarakan tentang teknologi penyimpanan DNA. Dan memang teknologi ini masih asing bagi kita, tapi sebenarnya tidak jika kita mengerti bagaimana kapasitas penyimpanan pada tubuh manusia. Bayangkan saja, sejak kita dilahirkan terus merekam dan mempelajari segala hal. Dimana semua itu tersimpan? Puluhan tahun kita hidup didunia tetap terus merekam, dan itu membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar, jauh lebih besar dari teknologi yang ada saat ini.


dna, dna manusia                                      DNA / Credit: forbes.com

Para peneliti dari Inggris telah mengkodekan DNA dan menerjemahkan materi genetik untuk merekonstruksi informasi tertulis, baik berupa suara maupun visual. Pada tahun lalu, peneliti bioengineers Sriram Kosuri dan George Church dari Harvard Medical School menyatakan bahwa mereka telah menyimpan salinan salah satu kitab Gereja yang tersimpan di DNA, dengan kepadatan sekitar 700 terabit per gram, lebih dari enam kali lipat lebih padat daripada penyimpanan data pada hard disk komputer.
Saat ini penelitian yang dipimpin para ahli biologi molekuler, diantaranya Nick Goldman dan Ewan Birney dari European Bioinformatics Institute (EBI) berpusat di Hinxton-Inggris, penelitian mereka dirilis pada jurnal Nature, menyatakan bahwa mereka telah meningkatkan skema pengkodean DNA untuk meningkatkan kepadatan penyimpanan hingga 2,2 petabyte per gram, tiga kali lipat dari temuan sebelumnya.
Tim pertama pertama kali menerjemahkan kata-kata tertulis atau data lain ke dalam kode biner standar (0s dan 1s) dan kemudian mengkonversikannya kedalam kode trinary. Langkah berikutnya menulis ulang data string menjadi kimia DNA, seperti Gs, Cs, dan Ts. Kepadatan penyimpanan satu gram DNA mencapai 2,2 juta gigabit data informasi, atau berkisar 468 ribu DVD. Para peneliti juga menambahkan skema pengkoreksian kesalahan, beberapa kali melakukan pengkodean informasi, untuk memastikan bahwa hal itu bisa dibaca kembali dengan tingkat akurasi 100 persen.
Penjelasan diatas sama seperti yang dilakukan pada tubuh kita, setiap detik terus menulis tanpa henti, dan bisa terbaca kembali. Selain menunjukkan kemampuan penyimpanan informasi pada DNA, Goldman, Birney, dan rekannya juga meninjau kapan teknologi ini layak digunakan. Sementara Large Hadron Collider, telah menghasilkan 15 petabyte data setiap tahun, jadi kebutuhan untuk penyimpanan arsip besar saat ini berkembang pesat. Saat ini lembaga usaha dan institusi arsip data menyimpan data mereka pada pita magnetik, dan untuk menjaga data yang aman selama beberapa dekade memerlukan penulisan ulang secara berkala (pastinya ada penambahan biaya perawatan).
Sementara DNA bisa sangat stabil hingga ribuan tahun jika disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Biaya sintesis DNA sesuai dengan menulis kode dan membaca kode bisa terselesaikan dengan cepat, data sangat memungkinkan untuk diarsipkan dalam waktu 600 tahun atau lebih.
Tetapi biaya sintesis DNA menjadi bagian paling mahal hingga 100 kali lipat, dan mungkin akan mengalami penurunan sekitar 50 tahun. Biaya bukan menjadi penghalang, ketika data dituliskan kedalam DNA maka pengguna tidak dapat mengubah atau menulis ulang, tidak seperti teknologi penyimpanan data yang ada saat ini. Dan pengguna tidak bisa mengakses setiap bagian informasi tertentu, melainkan harus mengikuti urutan penulisan yang telah diarsipkan dalam DNA. Sebagai contoh penulisan data 1,2,3,4 dan 5, pengguna harus membaca urutan dan tidak bisa melompati salah satunya.
Dari penelitian ini sudah jelas, bahwa saya pun tak pernah percaya dengan istilah lupa ingatan, amnesia, atau sejenisnya yang mengakibatkan sulit mengingat. Karena data yang kita simpan dalam DNA manusia tidak bisa dihapus, manusia hanya perlu menemukan ruang penyimpanan, dimana record itu tersimpan, tetap masih ada dalam diri kita. Itu sebabnya ada orang yang mampu membaca pikiran hanya dengan menyentuh kulit, sebenarnya dia cuma membaca record yang pernah kita simpan sejak lahir.

Sumber :  http://cutpen.com